Angkutan Lebaran 2024, ASDP Siapkan 51 Unit Dermaga dan 215 Kapal di 8 Lintasan Nasional

Penyeberangan ASDP.
Sumber :
  • Dokumentasi ASDP.

Jakarta - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memastikan kesiapan prasarana dan sarana penyeberangan di 8 lintasan terpantau nasional, utamanya di 51 dermaga dan 215 unit kapal pada periode angkutan Lebaran 2024.

Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen

Direktur Utama ASDP, Ira Puspadewi menjelaskan, jumlah lintasan yang dipantau secara nasional selama pelaksanaan Posko Lebaran 2024, berjumlah 8 lintasan di 9 cabang.

"Antara lain yakni Merak-Bakauheni, Ketapang-Gilimanuk dan Jangkar-Lembar, Padangbai-Lembar, Kayangan-Pototano, Ajibata-Ambarita, Bajoe-Kolaka, Tj. Api-Api-Tj.Kalian, Panajam-Kariangau," kata Ira dalam keterangannya, Senin, 18 Maret 2024.

Terkuak, Motif Pembunuhan Wanita Open BO di Pulau Pari

Dia mengungkapkan, manajemen ASDP telah mempersiapkan dengan matang, soal layanan angkutan Lebaran 2024 yang ditargetkan dapat berjalan dengan lancar, aman, dan selamat.

ASDP.

Photo :
  • Dokumentasi ASDP.
Bea Cukai Tingkatkan Pengawasan Kepabeanan bersama KSOP dan TNI AL

Kesiapan Alat Produksi ASDP & Anak Usaha dalam Skala Nasional mencakup koordinasi layanan oleh 27 Cabang yang mengelola 36 Pelabuhan, 225 Kapal (172 ASDP, 53 JN), pada total keseluruhan 303 Lintasan yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Diperkirakan jumlah penumpang angkutan Lebaran tahun ini mencapai 5,78 juta penumpang dan 1,37 unit kendaraan, pada 8 lintasan terpantau nasional yang berada di bawah koordinasi 9 cabang ASDP," ujarnya.

Ira menegaskan, ASDP telah bersinergi dengan instansi berwenang, untuk menjaga v/c ratio di bawah 0.8 selama periode angkutan lebaran. Sehingga, kelancaran arus kendaraan baik dari maupun menuju area sekitar pelabuhan benar-benar bisa terwujud.

“Perlu dipahami bersama bahwa pada puncak arus mudik yang diprediksi terjadi pada tanggal 6 dan 7 April 2024, antrean kendaraan masuk pelabuhan akan tetap ada," kata Ira.

"Namun yang dapat dipastikan di sini adalah kelancaran arus lalu lintas penyeberangan bisa tercapai, jika semua pihak sama-sama tertib dan penumpang telah bertiket maksimal pada H-1 melalui aplikasi Ferizy," ujarnya.

Diketahui, pergerakan orang pada angkutan Lebaran 2024 diprediksi naik sebesar 15 persen, mengacu dari realisasi angkutan lebaran tahun lalu. Pada lebaran tahun ini, pergerakan masyarakat di Pulau Jawa, Sumatera, dan Bali, akan tetap menjadi perhatian utama.

Terlebih, tahun ini akan dioperasikan kembali beberapa pelabuhan perbantuan untuk memecah kepadatan kendaraan, seperti pengoperasian Pelabuhan Ciwandan, BBJ Bojonegara, BBJ Muara Pilu dan Pelabuhan Indah Kiat (emergency) yang mengarah ke Pulau Sumatera.

Di lintas Merak-Bakauheni sebagai jalur tersibuk, rencananya akan dioperasikan 55 kapal (ekspres dan reguler), sementara lintas Ciwandan - Bakauheni disiapkan 10 kapal dan BBJ - Muara Pilu akan dilayani 5 kapal.

Selanjutnya, ASDP juga melakukan pengerukan kedalaman dermaga LCM di Pelabuhan Gilimanuk, serta penambahan 1 (satu) Dermaga LCM di Pelabuhan Gilimanuk yang semula 3 dermaga menjadi 4 dermaga sehingga mampu menampung tambahan ±2.000 kendaraan kecil.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya