PT KAI Cirebon Buka Layanan Mudik Motor Gratis, Catat Tanggalnya!

PT KAI Cirebon Buka Layanan Mudik Motor Gratis
Sumber :
  • Azizi Erfan

Cirebon – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 3 Cirebon mendukung program angkutan Motor Gratis (Motis) yang digelar oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan dalam Angkutan Lebaran Tahun 2024.

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Motis adalah program tahunan pemerintah melalui Kementerian Perhubungan untuk masyarakat yang mudik beserta motor yang diangkut menggunakan kereta api secara gratis. Tujuan program Motis ini adalah untuk menekan jumlah kendaraan roda dua dan angka kecelakaan di jalan saat mudik Lebaran, sehingga tingkat keselamatan meningkat.

Pendaftaran program Motis 2024 telah dimulai sejak 4 Maret hingga 18 April (46 hari) baik secara online melalui mudikgratis.dephub.go.id atau langsung melalui Posko Motis di beberapa stasiun seperti Stasiun Cirebon Prujakan, Cilegon, Jakarta Gudang, Tangerang, Depok Baru, Bekasi, Kiaracondong, Kutoarjo, Lempuyangan, Purwosari, Semarang Tawang, Madiun, Tegal, Pekalongan, Purwokerto, Kroya, Gombong, dan Kebumen.

Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Butuh 6,7 Juta Ton Beras per Tahun

PT KAI Cirebon Buka Layanan Mudik Motor Gratis

Photo :
  • Azizi Erfan

Angkutan mudik Motis akan diberangkatkan pada 2 hingga 8 April, sedangkan angkutan balik Motis dilaksanakan pada 13 hingga 19 April 2024. DJKA Kemenhub akan mengintegrasikan angkutan Motis dengan pelayanan KA PSO (Public Service Obligation) yang melayani 3 lintas pelayanan, yaitu Lintas Utara, Lintas Tengah, dan Lintas Selatan.

Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen

Masyarakat dapat menikmati tarif layanan hanya Rp10 ribu jika berangkat/naik dari Stasiun Cilegon dan turun di Stasiun Cirebon Prujakan. Namun, akan dikenakan tarif Rp20 ribu jika berhenti/turun melewati Stasiun Cirebon Prujakan. Hal yang sama berlaku untuk penumpang dari Stasiun Pasarsenen dengan turun di Stasiun Cirebon Prujakan.

KAI sebagai BUMN operator perkeretaapian mendukung penuh program Motis ini untuk memberikan pelayanan kepada pemudik yang ingin membawa motornya ke kampung halaman. KAI berperan dalam meningkatkan keselamatan pemudik melalui penyediaan rangkaian kereta api angkutan Motis. Dengan menggunakan kereta api, kemacetan di jalan raya dapat dikurangi serta meningkatkan keselamatan pemudik pada masa angkutan mudik Lebaran 2024.

Manager Humas Daop 3 Cirebon, Rokhmad Makin Zainul, menyampaikan tujuan program Motis untuk menekan jumlah kendaraan roda dua dan angka kecelakaan di jalan saat mudik lebaran.

"Program ini diselenggarakan untuk menekan jumlah angka kecelakaan dan memberikan pelayanan gratis bagi masyarakat yang mudik," terangnya pada Rabu (20/03/2024).

Selain mendaftar secara online, pendaftar juga harus melakukan verifikasi di stasiun yang ditunjuk dan menyiapkan dokumen seperti KTP, SIM yang masih berlaku, Kartu Keluarga, dan STNK. Layanan verifikasi dari pendaftar online dan manual dilayani dari pukul 08.00 hingga 20.00 WIB.

Pada Angkutan Motis tahun ini, DJKA Kemenhub akan menyiapkan kapasitas angkut motor sebanyak 870 unit per hari, dengan total 12.180 unit motor untuk 14 hari pelaksanaan. Tempat duduk penumpang yang disediakan per hari mencapai 2.014 TD, sehingga total penumpang yang dapat menikmati layanan Angkutan Motis sebanyak 28.196 penumpang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya