Sun Life Indonesia Dorong Perempuan Berwirausaha Capai Kemandirian Financial, Begini Caranya

Ilustrasi Entrepreneur
Sumber :

JakartaSun Life Indonesia mengajak, para perempuan ikut ke dalam program Sun Entrepreneur untuk mencapai kemandirian finansial dan kewirausahaan. Hal ini karena sebanyak 64,5 persen dari total pelaku Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) di Indonesia adalah perempuan.

Remaja Perempuan 16 Tahun Tewas di Hotel Jaksel Dicekoki Inex dan Sabu

Vice President Branding, Communications & Client Experience Sun Life Indonesia, Kaiser Simanungkalit mengatakan program ini ditujukan untuk memberikan wadah bagi para wanita untuk menunjukkan bakat, passion, dan memenuhi aspirasi mereka.

"Kewirausahaan juga menawarkan fleksibilitas dan otonomi, memungkinkan wanita untuk seimbang antara ambisi profesional mereka dengan tanggung jawab keluarga. Fleksibilitas ini sangat menarik bagi ibu, yang ingin terlibat aktif dalam pendidikan anak-anak mereka dan usaha kewirausahaan mereka," kata Kaiser dalam keterangannya Jumat, 22 Maret 2024.

Ustaz Khalid Basalamah: Orangtua Gak Wajib Kasih Nafkah ke Anak Laki-laki Jika Sudah Baliqh

Presiden Direktur Sun Life Indonesia, Elin Waty

Photo :
  • Repro video.

Menurutnya, lanskap kewirausahaan di Indonesia mengalami transformasi yang signifikan, dengan wanita memainkan peran yang semakin penting. Ada peningkatan yang signifikan dalam jumlah wanita Indonesia yang bercita-cita menjadi pengusaha

2 Pria yang Buat Remaja Perempuan 16 Tahun Tewas di Hotel Jaksel Terancam 20 Tahun Bui

"Tren ini mencerminkan pergeseran dalam norma-norma sosial, karena lebih banyak wanita mencari peluang untuk mengejar passion mereka, berkontribusi pada ekonomi, dan menciptakan perubahan positif dalam komunitas mereka," jelasnya.

Kaiser menuturkan, meskipun momentumnya meningkat, para pengusaha wanita di Indonesia menghadapi sejumlah tantangan yang menghambat kemajuan dan kesuksesan mereka. Tantangan-tantangan ini termasuk stereotip gender dan norma sosial, akses ke modal dan sumber daya, menyeimbangkan tanggung jawab keluarga, hingga akses terbatas ke jaringan dan mentor.

Ilustrasi entrepreneur

Photo :

“Dukungan dari organisasi dan komunitas bisnis dapat memainkan peran penting dalam memberikan mentorship, kesempatan jaringan, dan akses ke pasar bagi pengusaha wanita. Fakta tersebut yang mendorong kami sebagai perusahaan asuransi jiwa ingin mengajak para perempuan Indonesia untuk memulai bisnisnya bersama Sun Life Indonesia melalui program Sun Entrepreneur," ucapnya. 

Adapun Sun Entrepreneur dirancang untuk mencetak entrepreneur di bidang distribusi keagenan mandiri melalui program pelatihan intensif bersama para profesional di industri asuransi mengenai kewirausahaan, kreativitas, dan pengembangan diri selama 6 bulan. Selanjutnya, mereka dapat menjalankan sistemnya dan dalam kurun 2,5 - 3 tahun dapat memiliki bisnis distribusi keagenan mandirinya sendiri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya