Jokowi Lapor Pajak Tahunan 2023 di Istana Negara, Prabowo dan Airlangga Tak Hadir

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin Lapor Pajak Tahunan 2023
Sumber :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin melakukan penyerahan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak 2023 di Istana Negara, Jakarta Pusat pada Jumat, 22 Maret 2024. Selain itu, sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju juga ikut melaporkan pajak tersebut.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Diantaranya Menteri Koordinator Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan; Menteri Sekretaris Kabinet, Pramono Anung; Menteri Keuangan, Sri Mulyan; Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi; Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Photo :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris
KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

Kemudian Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita; Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Azwar Anas Abdullah; Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Arifin Tasrif; Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno; Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi.

Selanjutnya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono; Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono; Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah; Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia.

PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

Lalu Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan; Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi; Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar; Menteri Pemuda dan Olahraga, Ario Bimo Nandito Ariotedjo atau Dito Ariotedjo; Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa.

Selain itu, Menteri BUMN Erick Thohir; Jaksa Agung RI, ST Burhanuddin; Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto; Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo; Kepala BRIN Laksana Tri Handoko.

Sedangkan, Menteri Koordinator Polhukam Hadi Tjahjanto; Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto; Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendi; Menteri Pertahanan Prabowo Subianto Menteri Sosial Tri Rismaharini; serta Menteri Desa Abdul Halim Iskandar tak terlihat di Istana Negara.

Tampak, Jokowi dan Ma’ruf Amin memakai baju kemeja putih lengan panjang. Ia duduk bersebelahan yang didampingi petugas dalam melaporkan pajak tahunannya. Usai melaporkan pajak, Jokowi dan Ma’ruf Amin memperlihatkan laptopnya ke awak media.

Setelah itu, para menteri yang duduk langsung menghampiri Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin untuk memperlihatkan laporan pajak tahunannya. Padahal, Jokowi sempat berdiri menunjuk ke arah Erick Thohir. 

“Nanti dikira enggak bayar lagi,” kata Sri Mulyani.

Sri Mulyani menjelaskan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin serta seluruh jajaran menteri telah menyampaikan surat pemberitahuan pajak SPT tahun 2023 untuk orang pribadi. Menurutnya, berdasarkan aturan perundang-undangan hari akhir atau batas akhir untuk penyampaian SPT tahun 2023 pada 31 Maret 2024.

“Pada bulan bulan ini diimbau seluruh masyarakat yang memiliki pendapatan di atas pendapatan tidak kena pajak, di atas Rp54 juta per tahun, mereka diharapkan untuk isi SPT 2023-nya. Hari ini Presiden dan Wapres telah melakukan kewajiban tersebut dan tadi disampaikan dalam bentuk penyerahan elektronik,” jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya