BNI Salurkan Pembiayaan Hijau untuk Proyek PLTS Medco Power di Bali

Penandatanganan Perjanjian Kredit oleh Senior Vice President Corporate Banking 2 BNI, Ditya Maharhani Harninda, dan Direktur PT Medcosolar Bali Timur, Myrta Sri Utami, di Kantor PT Medco Power Indonesia [dok. Humas BNI]
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan fasilitas kredit kepada PT Medcosolar Bali Timur, untuk pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berkapasitas 25 Megawatt peak (MWp) di Desa Tianyar, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali. 

Kasus Korupsi Kredit Macet Jaksa Eksekusi Eks Pegawai Bank BNI ke Penjara

"Kami berkomitmen untuk mendukung transisi energi nasional, melalui penyaluran pembiayaan hijau (green financing)," kata Direktur Wholesale and International Banking BNI, Agung Prabowo, dalam keterangannya, Senin, 25 Maret 2024.

Dia menjelaskan, proyek PLTS ini merupakan proyek PLTS ground mounted terbesar di Indonesia, yang diprakarsai oleh PT Medcosolar Bali Timur selaku anak usaha PT Medco Power Indonesia. Dalam proyek ini, BNI berperan sebagai sole lender atau pemberi pinjaman tunggal.

BNI Dukung Tim Thomas dan Uber Cup Indonesia

PLTS Medco Energi.

Photo :
  • Dok. Medco Energi

Agung memastikan, partisipasi BNI dalam pendanaan Green Loan ini merupakan wujud komitmen BNI, untuk mendukung pencapaian target net zero emission pemerintah pada tahun 2060.

Medco Energi Resmi Divestasi Seluruh Sahamnya di Ophir Vietnam Block 12W B.V

"Saat ini, BNI secara aktif memfokuskan pembiayaan pada proyek-proyek yang termasuk dalam Kegiatan Usaha Berwawasan Lingkungan (KUBL), sebagai upaya untuk mendorong transisi energi hijau di Indonesia," ujar Agung.

Menurutnya, kerjas ama ini sejalan dengan misi PT Medco Power Indonesia untuk memberikan nilai jangka panjang, dengan portofolio bisnis energi bersih Independent Power Producer (IPP), Operation & Maintenance (O&M), dan energi terbarukan yang berkelanjutan.

Agung menegaskan, pendanaan proyek PLTS ini juga merupakan salah satu bentuk implementasi Environmental, Social, and Governance (ESG) di BNI.

"Kerja sama ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dan mewujudkan Indonesia yang lebih hijau," ujarnya.

Sebagai informasi, penandatanganan Perjanjian Kredit dilakukan oleh Senior Vice President Corporate Banking 2 BNI, Ditya Maharhani Harninda, dan Direktur PT Medcosolar Bali Timur, Myrta Sri Utami, di Kantor PT Medco Power Indonesia, Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya