Dokumen Persyaratan Pengajuan Kredit atau Pembiayaan Bagi Debitur Perorangan

Ilustrasi kredit
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Dalam proses pengajuan kredit atau pembiayaan bagi debitur perorangan, terdapat beberapa dokumen yang harus disiapkan. Dokumen-dokumen ini diperlukan oleh lembaga keuangan sebagai syarat untuk menilai kelayakan peminjam dalam mengajukan kredit atau pembiayaan. Berikut adalah daftar dokumen yang biasanya dibutuhkan:

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

1. Formulir Aplikasi

Debitur diharapkan untuk mengisi formulir aplikasi yang berisi informasi pribadi lengkap, termasuk data diri, informasi kontak, informasi pekerjaan, pendapatan, dan informasi keuangan lainnya.

BI Catat Penyaluran Kredit Baru Kuartal I-2024 Tumbuh Positif, Ada Tapinya

2. Fotokopi Identitas Diri

Ilustrasi KTP.

Photo :
  • VIVA/Agus Setiawan
Sri Mulyani Ungkap APBN Surplus Rp 8,1 Triliun hingga Maret 2024

Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau paspor merupakan identitas utama yang harus disertakan. Kartu keluarga atau surat nikah bagi yang sudah menikah juga bisa untuk dokumen pelengkap. Dokumen ini digunakan untuk verifikasi identitas debitur.

3. Bukti Pendapatan

Slip gaji atau bukti pendapatan lainnya seperti surat keterangan penghasilan dari tempat kerja atau sumber pendapatan lainnya diperlukan untuk menilai kemampuan debitur dalam membayar kembali kredit atau pembiayaan.

4. Laporan Keuangan

Untuk debitur yang memiliki usaha sendiri atau berprofesi sebagai wiraswasta, laporan keuangan seperti laporan laba rugi, neraca, dan laporan arus kas mungkin diperlukan.

5. Bukti Kepemilikan Aset

Ilustrasi Pemberian sertifikat.

Photo :
  • Rumahku

Dokumen-dokumen yang membuktikan kepemilikan aset seperti sertifikat tanah, sertifikat rumah, atau dokumen kepemilikan kendaraan jika digunakan sebagai jaminan kredit.

6. Dokumen Pembiayaan yang Diminta

Dokumen-dokumen khusus terkait jenis kredit atau pembiayaan yang diajukan, misalnya:
     - Untuk kredit rumah, diperlukan dokumen-dokumen terkait kepemilikan properti dan informasi properti yang akan dibeli.
     - Untuk kredit kendaraan, diperlukan dokumen kendaraan dan informasi terkait.

7. Dokumen Tambahan

Beberapa lembaga keuangan mungkin juga meminta dokumen tambahan sesuai kebijakan internal mereka, seperti surat referensi dari bank sebelumnya atau dokumen pendukung lainnya.

Dokumen disampaikan berupa fotokopi atau softcopy melalui aplikasi dan dokumen asli akan diverifikasi oleh petugas survei. Survei pengajuan kredit atau pembiayaan akan dilakukan oleh bank/perusahaan pembiayaan untuk memastikan kelayakan calon debitur.

Dikutip dari unggahan akun Instagram @sikapiuangmu, berikut tiga tips melewati survei kredit atau pembiayaan:

- Siapkan dokumen asli untuk diverifikasi.
- Dengarkan penjelasan petugas survei mengenai manfaat dan risiko serta hak dan kewajiban.
- Konsultasikan nilai angsuran dan ajukan pertanyaan apabila ada hal yang kurang jelas.

Penting untuk diingat bahwa persyaratan dokumen dapat bervariasi tergantung pada kebijakan masing-masing lembaga keuangan. Oleh karena itu, sebaiknya debitur memastikan untuk memenuhi semua persyaratan yang diminta sebelum mengajukan pengajuan kredit atau pembiayaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya