ASN di 12 Pemda Sudah Terima THR, Segini Jumlahnya

Ilustrasi aparatur sipil negara atau ASN
Sumber :
  • Ist

Jakarta – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengungkapkan, Aparatur Sipil Negara (ASN) daerah sudah menerima Tunjangan Hari Raya (THR). Sebab sampai 25 Maret 2024 pukul 10.45 ada 12 Pemerintah Daerah (Pemda) yang sudah menyalurkan THR sebesar Rp 322 miliar.

Sri Mulyani Ungkap Pembangunan IKN Sudah Sedot APBN Rp 4,3 Triliun

Adapun alokasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) untuk THR sebesar Rp 19 triliun. THR ini diberikan kepada ASN daerah, Tunjangan Profesi Guru (TPG) ASN daerah, dan guru yang menerima tambahan penghasilan atau tamsil guru ASN daerah. 

"Update THR Pemda, kami cek lagi tadi data per pukul 10.45 pagi ini telah ada 12 pemda yang salurkan THR-nya yaitu sebesar Rp 322 miliar," kata Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kemenkeu, Luky Alfirman dalam konferensi pers APBN KiTA Senin, 25 Maret 2024.

Sri Mulyani Ungkap APBN Surplus Rp 8,1 Triliun hingga Maret 2024

THR

Photo :
  • katadata.

Lucky mengatakan, sama seperti tahun lalu pemerintah pusat akan menyalurkan Treasury Deposit Facility (TDF) sebagai tambahan untuk penyaluran THR ASN daerah. Adapun TDF merupakan fasilitas yang disediakan Bendahara Umum Negara bagi Pemda untuk menyimpan uang.

Pontianak Siapkan 1.215 Formasi Calon ASN, Menteri PAN-RB: 200 Ribu Formasi untuk IKN

"Nanti kami akan salurkan juga sebagian dari TDF yang memang menjadi haknya Pemda akan kami salurkan mudah-mudahan per hari ini atau paling lambat besok. Disalurkan sesuai kebutuhan THR masing-masing Pemda tersebut tambahan," jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan,  realisasi THR ASN pusat baik TNI/Polri maupun pensiunan mencapai Rp 13,4 triliun hingga 24 Maret 2024. Jumlah itu dari alokasi THR 2024 yang sebesar Rp 48,7 triliun.

"Realisasi sampai dengan 24 Maret untuk komponen THR itu sudah terealisasi Rp 13,4 triliun. Terdiri dari Rp 3,2 triliun untuk APBN, ini artinya untuk TNI/Polri ASN pusat itu sudah 625.112 pegawai dari 4.722 satker yang sudah menyampaikan surat perintah membayarnya," ujar Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN KiTa, Senin, 25 Maret 2025. 

Sedangkan untuk realisasi THR dari APBD, Sri Mulyani mengatakan bahwa pihaknya belum mendapatkan informasi mengenai berapa yang sudah terealisasi.

Penerapan ASN DKI Jakarta WFH 50 Persen

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Untuk APBD masih belum kita dapat informasinya, nanti akan kita sampaikan," terangnya.

Lanjut Bendahara Negara ini, untuk realisasi THR pensiun sudah mencapai Rp 10,2 triliun dari total anggaran Rp 11,7 triliun. Dalam hal ini THR dibayarkan melalui PT Taspen dan PT Asabri.

"Ini pembayarannya dari Taspen dan Asabri ada Rp 9,98 triliun untuk 3,07 juta pensiunan ASN melalui Taspen. Sedangkan Rp168,6 miliar untuk 57,4 ribu pensiunan TNI/Polri itu melalui PT Asabri," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya