PUPR: 6 Ruas Tol Baru di Jawa-Sumatera Siap Difungsikan Saat Mudik Lebaran 2024

Jalan Tol Trans Sumatera.
Sumber :
  • Dokumentasi Hutama Karya.

Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) tengah menyiapkan 6 ruas jalan tol baru dengan total panjang 163,1 km, yang akan difungsikan untuk mendukung kelancaran mudik Lebaran 2024.

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan, Endra S. Atmawidjaja memastikan, ruas-ruas tol tersebut akan menyambungkan ruas-ruas eksisting yang penting.

Beberapa ruas yang sudah beroperasi sebelumnya adalah Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), Tol Pasuruan-Probolinggo (seksi 4A Probolinggo Timur-Gending), dan Tol Ciawi-Sukabumi (Seksi 2 Cigombong-Cibadak).  

Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen

“Sebagai tambahan di 2024, kita bisa fungsikan Tol Jakarta Cikampek (Japek) II Selatan dari arah Sadang ke Kutanegara sekitar 8,5 km," kata Endra dalam keterangannya, Selasa, 26 Maret 2024.

(FOTO ILUSTRASI) Suasana arus lalu lintas di Gerbang Tol Cikampek Utama.

Photo :
  • ANTARA/HO - Jasa Marga
Mendag Zulhas Sebut Kenaikan Harga Bawang Merah Akibat Banyak Pedagang Belum Mulai Berjualan

"Kemudian yang tidak kalah penting Tol Yogyakarta-Solo, ruas Kartosuro-Karanganom (Klaten) sepanjang 22,3 km, yang bisa memecah lalu lintas hampir sepertiga jarak antara Solo-Yogyakarta," ujarnya.

Endra menambahkan, ruas tol yang siap fungsional lainnya adalah Tol Cimanggis-Cibitung, untuk ruas Cikeas-Cibitung sepanjang 19 km. Jalan Tol Cimanggis Cibitung merupakan bagian dari struktur jaringan Jakarta Outer Ring Road (JORR 2), yang terkoneksi antar ruas tol di kawasan Metropolitan Jabodetabek sebagai pusat kegiatan nasional.

“Tol Cimanggis-Cibitung kita fungsikan dengan harapan masyarakat dari arah Pamulang, Depok, Tangerang bisa masuk ke JORR-2 dan langsung ke Cikampek, sehingga mengurangi penumpukan di dalam kota,” kata Endra. 

Selain itu, Kementerian PUPR juga melakukan pelebaran lajur ruas Cikampek-Palimanan sepanjang 14 km, dari KM 71-KM 85. Pelebaran lajur dari 3 lajur menjadi 4 lajur ini, dilakukan untuk menambah kapasitas jalan tol. 

Selain membuka tol fungsional baru di pulau Jawa, Kementerian PUPR bersama BUJT juga akan membuka 3 ruas tol fungsional di Pulau Sumatera. Ketiganya yakni Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat seksi 2 Kuala Tanjung-Indrapura dan seksi 3-4 Sinasak-Seribu Dolok (56,6 km), Tol Bangkinang-Tanjung Alai (24,7 km), dan Tol Indrapura-Kisaran seksi 2 Limapuluh-Kisaran (32 km). 

“Jadi dengan adanya tambahan ruas tol fungsional ini, kita tidak hanya mengantisipasi saat mudik Lebaran saja, tetapi juga mempermudah akses pariwisata. Ke titik-titik destinasi pariwisata yang akan dipadati pengunjung karena masa liburnya panjang," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya