Erick Thohir Pastikan Seluruh Aset BUMN Dilindungi TNI

[dok. Kementerian BUMN]
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir meneken Nota Kesepahaman Sinergitas Tugas dan Fungsi Kementerian BUMN dan TNI, guna mengamankan aset-aset perusahaan BUMN.

Erick Thohir : Satu Game Lagi Sudah Kunci ke Olimpiade, Kalau Dua Game Kita Juaranya

Erick menegaskan, aset-aset yang dimiliki BUMN merupakan aset vital, yang bersifat sangat strategis dalam berbagai sektor. Karena selain berperan sebagai penggerak roda ekonomi, aset yang dimiliki BUMN juga berperan penting dalam pembangunan infrastruktur Indonesia dan berorientasi terhadap pelayanan publik.

"Kita bisa melihat, aset-aset yang dimiliki BUMN ini merupakan aset vital yang memang harus kita jaga sama-sama," kata Erick dalam keterangannya, Selasa, 26 Maret 2024.

Bumi Resources Masuk 7 Perusahaan Wajib Pajak Terbaik versi DJP Kemenkeu

Gedung Kementerian BUMN.

Photo :
  • Wikagedung.co.id

Dia mencontohkan salah satu aset milik BUMN, seperti misalnya Depo BBM Plumpang milik PT Pertamina (Persero). Aset itu diakuinya sangat berperan penting dalam memasok bahan bakar di wilayah Jabodetabek, sehingga perlu adanya penjagaan terhadap aset vital ini.

Buru Harta Rafael Alun, KPK Serahkan Memori Kasasi

"Ketika misalnya kebakaran di Plumpang, itu sebuah aset vital tapi yang sangat dekat dengan kehidupan masyarakat," ujar Erick.

Di sisi lain, salah satu bentuk sinergi antara Kementerian BUMN dan TNI adalah terkait pengamanan obyek vital nasional (obvitnas) bersifat strategis milik perusahaan BUMN, dari kegiatan pertambangan tanpa izin (peti).

Harapannya, kerja sama ini bisa menanggulangi persoalan peti tersebut, sehingga sumber daya mineral dan batu bara yang ada bisa memberikan manfaat maksimal bagi kepentingan negara.

Vapour Recovery Unit (VRU) di TBBM Plumpang

Photo :
  • VIVA/Ikhwan Yanuar

Karenanya, Erick pun berharap kerja sama ini bisa benar-benar dijalankan dengan baik, demi melindungi aset-aset para perusahaan pelat merah supaya bisa dioptimalkan demi kepentingan bangsa dan masyarakat secara luas.

"Dengan adanya sinergi yang kuat antara BUMN dengan TNI kami yakin hal ini bisa mengoptimalkan sumber daya BUMN dan TNI termasuk pengamanan aset BUMN, sehingga tugas dan fungsi masing-masing dapat terselenggara dengan baik" ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya