Menko Airlangga Bertemu Menteri Singapura Bahas KEK hingga Kerja Sama Ketenagakerjaan

Peremuan Bilateral Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dan Menteri Perdagangan dan Industri Singapura Gan Kim Yong
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Perdagangan dan Industri Singapura Gan Kim Yong. Pada pertemuan itu keduanya membahas mengenai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) hingga rencana kerja sama program ketenagakerjaan.

Melemah di Level Rp 16.220 per Dolar AS, Rupiah Diproyeksi Menguat

Airlangga menjelaskan, pertemuan itu membahas hasil kerja sama kedua negara dalam mekanisme bilateral ekonomi 6 Working Group (WG) Indonesia-Singapura.

"Kerangka kerja 6 WG merupakan forum bilateral untuk meningkatkan kolaborasi ekonomi kedua negara. Salah satu area kerja sama mencakup kawasan ekonomi Batam, Bintan, Karimun dan Kawasan Ekonomi Khusus lainnya," kata Airlangga dalam keterangannya, Kamis, 28 Maret 2024.

Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Butuh 6,7 Juta Ton Beras per Tahun

Kerja sama ini juga mencakup peningkatan sektor investasi, transportasi, tenaga kerja, agribisnis, dan pariwisata. Kedua Menteri juga membahas persiapan pertemuan Leaders’ Retreat berikutnya.

“Diharapkan Pertemuan Tingkat Menteri Kerja Sama 6 WG dapat dilaksanakan sebelum pertemuan para leaders,” ujar Menteri Gan.

Survei di Atas 50 Persen, Elite Golkar Dorong Ridwan Kamil Maju Pilgub Jabar Ketimbang Jakarta

Sepakat Segera Implementasikan MoU Ketenagakerjaan

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto

Photo :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Lebih lanjut, kedua Menteri juga sepakat agar Memorandum of Understanding (MoU) yang berkaitan dengan isu ketenagakerjaan yang ditandatangani pada 16 Maret 2023 dapat segera diimplementasikan. 

“Kita perlu mendorong implementasi kesepakatan program kerja sama ketenagakerjaan dalam mobilitas tech talent dapat segera diwujudkan,” tegas Airlangga. 

Saat ini kedua negara sedang menyiapkan technical arrangement dalam rangka implementasi MoU. Pada tahap awal implementasi, akan dilaksanakan pilot project dengan jumlah tertentu untuk para pelamar awal dan perusahaan yang terlibat. 

Dalam pertemuan tersebut Menteri Gan menekankan pentingnya pemanfaatan industrial park dan Kawasan Ekonomi Khusus. Kawasan ekonomi terbukti dapat menciptakan multiplier effect bagi berbagai bidang usaha, dan pertumbuhannya berkaitan langsung dengan insentif 
finansial yang diberikan Pemerintah dalam bentuk fasilitas perpajakan seperti tax holiday dan tax allowance.

Pada kesempatan tersebut Menteri Gan mengundang Menko Airlangga untuk hadir dan berpartisipasi dalam IPEF Clean Economy Investor Forum pada bulan Juni di Singapura. Kedua menteri juga sepakat untuk melaksanakan pertemuan menteri 6 WG dirangkaikan dengan Investor Forum tersebut.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, antara lain Sekretaris Kemenko Perekonomian Susiwijono Moegiarso dan Duta Besar RI untuk Singapura Suryopratomo. Sementara, Menteri Gan didampingi antara lain oleh Director Southeast Asia and Oceania MTI Jeanette Lim.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya