Beli Properti Bisa untuk Rumah Tinggal Sekaligus Investasi Jangka Panjang

Ilustrasi Kelebihan dari Investasi Properti.
Sumber :
  • Rumahku.com

Jakarta – Membeli properti, baik rumah, apartemen, atau pun tanah merupakan salah satu keputusan finansial terbesar dalam hidup seseorang.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Keputusan ini tidak hanya berkaitan dengan tempat tinggal, tetapi juga memiliki potensi sebagai investasi jangka panjang yang menguntungkan.

Nilai properti umumnya cenderung meningkat seiring waktu. Faktor-faktor seperti inflasi, pertumbuhan, penduduk dan pembangunan infrastruktur dapat mendorong kenaikan harga properti di lokasi yang strategis.

Kenaikan Tarif Cukai Disarankan Moderat Menyesuaikan Inflasi agar Tidak Suburkan Rokok Ilegal

Ilustrasi bisnis properti

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Kelebihan Properti Sebagai Investasi

Neraca Perdagangan RI Surplus 47 Bulan Berturut-turut, Mendag: Bagian dari Keberhasilan Kemendag

Nilai Aset yang Tahan Lama, Properti merupakan aset terwujud yang nilainya cenderung naik dalam jangka panjang. Hal ini dikarenakan oleh keterbatasan lahan dan inflasi yang menyebabkan harga properti terus meningkat.

Potensi Penghasilan Pasif, properti dapat menghasilkan pendapatan pasif melalui sewa, baik untuk tempat tinggal, usaha ataupun industri. Penghasilan ini dapat menjadi sumber pemasukan yang stabil dan membantu mencapai kebebasan finansial.

Keuntungan Modal, Properti dapat dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi di masa depan, menghasilkan keuntungan modal yang signifikan. Hal ini dapat menjadi sumber dana untuk berbagai kebutuhan, seperti pendidikan anak, pensiun, atau pembelian properti lainnya.

Agunan Pinjaman, properti dapat digunakan sebagai agunan untuk mendapatkan pinjaman dari bank. Hal ini dapat membatu investor untuk mendapatkan modal investasi lain atau untuk memenuhi kebutuhan finansial lainnya.

Pameran Properti Kepemilikan Rumah

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Kekurangan Properti sebagai Investasi

Membutuhkan Modal Besar, investasi di properti membutuhkan modal yang besar, baik untuk membeli, membangun, maupun memeliharanya.

Kurang Likuid, properti merupakan aset kurang likuid dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya seperti saham atau obligasi. Mmebutuhkan waktu yang lebih lama untuk menjual properti dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya.

Tips Mempersiapkan Dana untuk Membeli Properti

1. Tentukan target dana dan jangka waktu membeli properti, sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan.

2. Konsisten menyisihkan dana setiap bulan.

3. Jika mendapatkan gaji atau bonus jangan lupa ditabung.

4. Manfaatkan produk keuangan seperti deposito dan reksa dana untuk membantu anda mengumpulkan uang muka atau DP.

5. Pertimbangkan untuk memanfaatkan kredit pemilikan rumah (KPR) apabila dana tunai yang dimiliki terbatas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya