Gandeng IDH.ID, KoinWorks Sediakan Layanan Pay Later bagi UMKM dan Ritel

[dok. KoinWorks]
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta - Neobank untuk UMKM, KoinWorks, menjalin kemitraan strategis dengan PT Indonesia Distribution Hub alias IDH.ID, guna memberikan kemudahan pembayaran melalui layanan IDH Paylater bagi pemilik toko dan reseller di seluruh Indonesia.

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

"Kerja sama ini bertujuan memberikan kemudahan pembayaran melalui layanan IDH Paylater, bagi pemilik toko dan reseller di seluruh Indonesia yang memungkinkan mereka berbelanja kebutuhan bisnis secara daring dengan sistem pembayaran tempo," kata CEO dan Co-Founder KoinWorks, Benedicto Haryono, dalam keterangannya, Jumat 29 Maret.

Sebagai mitra pertama IDH.ID dalam menyediakan produk buy now pay later, KoinWorks melalui KoinPayLater semakin memperluas jangkauannya ke sektor FMCG pada tahun ini.

Soal Utang Rafaksi Minyak Goreng ke Pengusaha, Kemendag: Mudah-mudahan Mei Selesai

Haryono memastikan, langkah ini merupakan keputusan strategis bagi kedua perusahaan, untuk memberikan solusi pembayaran yang lebih fleksibel kepada pelaku usaha yang menyediakan produk konsumsi sehari-hari.

"Dengan demikian, kami memiliki kesempatan untuk memberikan dampak yang lebih luas, baik kepada distributor maupun UMKM pemilik toko," ujarnya.

BRI Cetak Laba Rp 15,98 Triliun di Kuartal I-2024, Penyaluran Kredit Tembus Rp 1.308 Triliun

KoinPayLater telah berperan penting dalam memberikan dukungan pembiayaan kepada pelaku UMKM di seluruh Indonesia sejak 2022. Dalam kemitraan ini, KoinPayLater dan IDH.ID akan memfasilitasi pinjaman kepada setidaknya 380 ribu pelaku bisnis FMCG, yang akan dilakukan secara bertahap.

"Utamanya dengan persetujuan cepat, dan limit hingga Rp 2 miliar. Dengan adanya layanan ini, diharapkan pengelolaan arus kas dan daya beli para pemilik toko dapat meningkat secara signifikan," ujarnya.

Chief Excecutive Officer (CEO) IDH.ID, Jack Ng menegaskan, pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan layanannya, termasuk pada opsi pembayaran yang lebih fleksibel. Hal itu guna memenuhi kebutuhan pasar yang semakin berkembang.

"Kerja sama dengan KoinWorks sebagai mitra pertama kami untuk paylater, juga mencerminkan komitmen bersama untuk memperluas layanan finansial kepada UMKM di tingkat lokal," kata Jack.

"Kami yakin, KoinWorks bersama dengan IDH.ID akan menjadi bagian penting dari revolusi bisnis di industri FMCG, yang akan membuka banyak kesempatan untuk suksesnya pasar FMCG di Indonesia," ujarnya.

Diketahui, melalui distributor yang tersebar di seluruh Indonesia, IDH.ID telah memberikan pasokan kepada pelanggan di Jawa, Bali, Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi. Seluruh distributor yang tergabung di dalam IDH.ID merupakan distributor yang memiliki pengalaman panjang, infrastruktur yang kuat, serta hubungan baik kepada para pelanggan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya