UMKM di Indonesia Dapat Donasi Lebih dari Rp1,5 Miliar

Ilustrasi Bisnis UMKM.
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA – Mastercard berhasil mengumpulkan lebih dari Rp1,5 miliar melalui inisiatif sosial yang dikenal dengan nama Smart Business Program #BersamaUMKMBisa. Program ini dijalankan melalui kemitraan antara Mastercard dengan Grab Indonesia dan BenihBaik.com.

Ganjaran Kementerian BUMN untuk Pelindo karena Bantu Promosikan UMKM

Dana yang berhasil terkumpul akan digunakan untuk menyediakan peralatan pengembangan usaha, bantuan modal usaha, dan pelatihan intensif demi memberdayakan 130 usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di berbagai kota di Indonesia, seperti Bandung, Denpasar, Malang, Pekanbaru, Surabaya, dan beberapa kota lainnya.

UMKM di Indonesia Dapat Donasi Lebih dari Rp1,5 Miliar

Photo :
  • Dok.Istimewa
Festival Semarapura Kembali Digelar, Pemkab Klungkung Siapkan Ribuan Seniman dan Booth UMKM

Selama berlangsungnya program ini, lebih dari 50.000 pengguna Grab telah mengaktifkan kupon donasi untuk ikut serta dalam upaya ini. Terdapat juga sebanyak 131.000 transaksi yang tercatat dari 23 November 2023 hingga 30 Desember 2023.

Mastercard telah berkomitmen untuk menyumbangkan Rp10.000 untuk setiap transaksi pengguna di aplikasi Grab yang menggunakan kartu kredit atau debit Mastercard selama periode tersebut.

Kemenkominfo Menggelar Talkshow dengan Tema Jarimu Harimaumu

Secara global, Mastercard memiliki komitmen untuk mengintegrasikan 1 miliar individu dan 50 juta usaha kecil ke dalam perekonomian digital pada tahun 2025. Di Indonesia, Mastercard bekerja sama dengan berbagai mitra untuk memberdayakan usaha kecil dalam ekosistem digital, termasuk melalui program Smart Business ini.

Program ini juga mencerminkan komitmen Mastercard dalam mendukung upaya pemerintah Indonesia untuk membantu 30 juta UMKM beralih ke ekosistem digital pada tahun 2024.

UMKM di Indonesia Dapat Donasi Lebih dari Rp1,5 Miliar

Photo :
  • Dok.Istimewa

Sebelumnya, pada tahun 2022, Mastercard dan Grab Indonesia telah bekerja sama untuk mendukung pemberdayaan UMKM Indonesia. Keduanya meluncurkan program regional Small Business, Big Dreams untuk meningkatkan keterampilan pekerja lepas dan usaha kecil di tiga pasar Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Hingga Desember 2023, program tersebut telah berhasil menjangkau lebih dari 124.000 usaha kecil yang tergabung dalam ekosistem Grab di Indonesia.

Pada tahun yang sama, Mastercard juga berkolaborasi dengan Grab untuk memberdayakan 100 usaha kecil di Labuan Bajo dengan berbagai program pelatihan yang membantu meningkatkan keterampilan komunikasi dan wirausaha bagi masyarakat setempat, serta mengurangi hambatan dalam mengembangkan bisnis mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya