BPS Ungkap Harga Beras Digempur Faktor Global hingga Panen Mundur pada Maret 2024

Ilustrasi harga beras.
Sumber :
  • VIVA/Anisa Aulia

Jakarta – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, harga beras pada Maret 2024 tercatat naik mulai dari tingkat grosir hingga eceran. Hal ini disebabkan oleh mundurnya masa tanam hingga panen padi.

Daftar Harga Pajero Sport Bekas dan Pajak Tahunannya

Plt Kepala BPS, Amalia Adininggar Widyasanti mengatakan harga beras di tingkat grosir pada Maret 2024 tercatat naik 0,90 persen secara month to month (mtm), dan 20,64 persen secara year on year (yoy). 

"Harga beras eceran pada bulan Maret 2024 mengalami kenaikan sebesar 0,26 persen secara mtm, dan secara yoy naik sebesar 20,07 persen," kata Amalia dalam konferensi pers Senin, 1 April 2024.

Terpopuler: Harga Bekas dan Pajak Tahunan Avanza Veloz, 2 Mobil Keren Mazda di China

Adapun di tingkat penggilingan terang Amalia, harga beras pada Maret 2024 tercatat turun 0,87 persen secara mtm. Sedangkan secara yoy atau tahunan mengalami kenaikan 25,21 persen.

Harga Beras Melambung Tinggi Mahal

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Kabar Gembira Ini untuk Penggemar BTS dan Kopi

"Harga beras yang kami sampaikan merupakan rata-rata harga beras yang mencakup berbagai jenis kualitas beras, dan juga mencakup seluruh wilayah di Indonesia," jelasnya.  

Lanjut Amalia, pada Maret 2024 beras mengalami inflasi sebesar 2,06 persen secara mtm, dengan andil inflasi 0,09 persen. Hal itu disebabkan oleh mundurnya masa tanam padi.

Plt. Kepala BPS, Amalia Adininggar Widyasanti

Photo :
  • BPS

"Mundurnya masa tanam yang diikuti masa panen berdampak pada pembentukan harga beras," jelasnya.

Dia menjelaskan, pada periode awal 2023 harga beras tercatat mengalami inflasi sebanyak tiga kali, yakni pada Januari, Februari, dan Maret. Sedangkan pada periode April 2023 hingga Maret 2024 inflasi beras tercatat sebanyak empat kali. 

"Naik tinggi di bulan September 2023, saat terjadi El Nino dan juga pembatasan ekspor beras di pasar global oleh beberapa negara lain. Ini juga menyebabkan tekanan harga di tingkat global," terangnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya