Komitmen Dukung UKM Naik Kelas, Pertagas Borong Penghargaan Internasional Ini

Corporate Secretary PT Pertamina Gas (Pertagas) Muhammad Baron
Sumber :
  • Dok. Pertagas

Jakarta – PT Pertamina Gas (Pertagas) selaku afiliasi Subholding Gas Pertamina menegaskan komitmennya mendukung kemajuan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang berada di sekitar wilayah operasionalnya.

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Corporate Secretary Pertagas, Muhammad Baron mengungkapkan, komitmen Pertagas dalam membina UKM tidak lepas dari upaya mendukung capaian Sustainable Development Goals (SDGs), utamanya pada poin 8 mengenai Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi.

Hal itu juga berpedoman pada prinsip Environment Social Governance (ESG ) dalam menjalankan bisnis dan investasi, yang tentunya mengedepankan aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan sesuai dengan Good Corporate Governance (GCG).

Tumbuh 11,7 Persen, BCA Bukukan Laba Bersih Rp 12,9 Triliun Kuartal I-2024

"Melalui berbagai inisiatif, Pertagas berkomitmen untuk terus mendukung pertumbuhan dan perkembangan UKM, serta memperkuat kemitraan dengan masyarakat dalam upaya penerapan CSR yang berkelanjutan," kata Baron dalam keterangannya, Rabu, 3 April 2024.

Borong 6 Penghargaan Internasional SME CSR Awards Asia 2024

Kiprah Ninja Xpress Jadi 'Teman' UMKM Bantu Naik Kelas

PT Pertamina Gas (Pertagas) borong 6 penghargaan SME CSR Award 2024 [dok. PT Pertamina Gas/Pertagas]

Photo :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Dengan komitmennya tersebut, Pertagas pun berhasil memborong 6 penghargaan pada ajang SME CSR Awards Asia 2024, yang diselenggarakan oleh La Tofi School of CSR dan Portman Education di Hotel Kempinski pada Senin, 1 April 2024 lalu.

Penghargaan internasional tersebut diberikan sebagai pengakuan atas kontribusi Pertagas dalam mendukung kemajuan UKM di sekitar wilayah operasionalnya, melalui implementasi program Corporate Social Responsibility (CSR).

Keenam penghargaan yang diraih dari SME CSR Awards Asia 2024 itu, diantaranya yakni 4 Penghargaan Kategori Perusahaan yang diraih oleh unit usaha Pertagas, yakni Operation East Java Area (OEJA), untuk kategori Pengembangan UKM Kelompok Wanita dengan program Kidung Tanggulangin.

PT Pertamina Gas (Pertagas) borong 6 penghargaan SME CSR Awards Asia 2024

Photo :
  • Dok. Pertagas

Selain itu, ada pula penghargaan untuk Operation Kalimantan Area (OKA) kategori Pengembangan UKM Kelompok Pemuda dengan program Kampung Bersama. Serta, penghargaan Operation South Sumatera Area (OSSA) kategori Pengembangan UKM Kelompok Petani/Nelayan dengan program PUSAKA Tani, dan Operation West Java Area (OWJA) kategori Mitra Pengembangan CSR UKM dengan program Perisai Jaga Bumi.

Penghargaan lainnya, Program CSR PT Pertamina melalui unit usaha Operation West Java Area (OWJA), yaitu program Kawat Cinta, UKM KWT Kenanga berhasil meraih kategori UKM Makanan dan Minuman. Program yang telah dirintis sejak tahun 2020 di Desa Tanjung Cilamaya itu, mengangkat isu rawan pangan sehingga mampu memberdayakan ibu-ibu mantan buruh migran melalui produksi makanan dan minuman hasil pekarangan.

Raih Kategori The Best 

Karena konsistensinya dalam mendampingi masyarakat, PT Pertamina Gas juga meraih penghargaan tertinggi sebagai The Best Anugerah UKM TJSL Asia 2024. Yaitu penghargaan perusahaan terbaik yang berkomitmen dalam menjalankan program-program Corporate Social Responsibility (CSR), sehingga berdampak positif bagi masyarakat di sekitar wilayah operasinya.

"Terima kasih atas apresiasi yang diberikan La Tofi School dan Portman Education melalui penghargaan ini," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya