Menguat Pagi Ini, Pergerakan Rupiah Dihantui Hal Ini

Karyawati menunjukkan mata uang rupiah dan dolar AS di salah satu gerai penukaran mata uang asing di Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

Jakarta – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot menguat pada perdagangan Kamis, 4 April 2024. Rupiah menguat sebesar 15 poin atau 0,09 persen ke posisi Rp 15.905 per dolar AS.

Sri Mulyani Pede Inflasi Melandai di Kuartal-II 2024 Seiring Turunnya Harga Beras

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp 15.923 per dolar AS. 

Analis PT Garuda Berjangka, Ibrahim Assuaibi memperkirakan mata uang rupiah hari ini akan ditutup melemah terhadap dolar AS. 

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

"Mata uang rupiah fluktuatif namun, ditutup melemah," kata Ibrahim dalam risetnya Kamis, 4 April 2024.

Ibrahim menyoroti, soal tingkat inflasi Indonesia pada Maret 2024 yang sebesar 0,52 persen secara bulanan, atau mencapai 3,05 persen secara tahunan. Inflasi itu sebut Ibrahim, masih akan tinggi pada bulan April ini.

Trade Minister: No Need to Worry about Weakening of Rupiah

Menghitung uang kertas rupiah pecahan 100 ribu (Foto ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

"Realisasi inflasi pada Maret 2024 masih berada dalam kisaran target tahun ini yaitu 1,5 persen-3,5 persen. Namun, angka ini merupakan angka tertinggi sejak Agustus 2023, dengan harga-harga pangan mengalami kenaikan paling signifikan dalam 18 bulan terakhir, bertepatan dengan bulan puasa Ramadhan dan sebelum perayaan Idul Fitri atau Lebaran," jelasnya.

Petugas bank tunjukkan uang rupiah dan dolar Amerika Serikat.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Dia menuturkan, peningkatan inflasi pada Maret 2024 terutama didorong oleh inflasi harga bergejolak. Hal ini khususnya harga makanan, yang dipengaruhi oleh faktor-faktor di sisi penawaran dan permintaan. 

Adapun untuk hari ini Ibrahim memperkirakan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS akan ditutup melemah direntang Rp 15.910-Rp 15.960.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya