Pelindo Bantu Warga yang Mau Mudik Lebaran Tapi Terkendala Biaya

Pelepasan Mudik Gratis Pelindo (Doc: Natania Longdong)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Jakarta – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo, memberangkatkan sebanyak 3.975 orang yang mudik Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2024. Adapun, ribuan warga yang mudik itu ke-13 kota tujuan di Jawa, Sumatera dan Sulawesi.

Ganjaran Kementerian BUMN untuk Pelindo karena Bantu Promosikan UMKM

Para pemudik tersebut diberangkatkan dari 4 kota keberangkatan yakni Jakarta, Surabaya, Medan dan Makassar menggunakan bus. 

Mudik Gratis bersama Pelindo Grup telah menjadi program tahunan kami. Dengan program ini, kami membantu memfasilitasi masyarakat yang tinggal di sekitar wilayah operasi perusahaan agar bisa berhari raya di kampung halamannya,” kata Direktur Utama Pelindo, Arif Suhartono di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta pada Kamis, 4 April 2024.

Haru, Sebelum Meninggal Stevie Agnecya Siapkan Baju Koko Lebaran untuk Anak dan Suami

Arif menjelaskan, bahwa program Mudik Gratis ini merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan untuk membantu masyarakat yang ingin merayakan Idul Fitri di kampung halaman, tapi terkendala oleh biaya yang relatif tinggi.

Program ini juga sejalan dengan arahan Kementerian BUMN. Khusus untuk keberangkatan hari ini dari Jakarta, para pemudik diberangkatkan menggunakan 32 unit bus dari titik keberangkatan di Eks Terminal 2 JICT, kawasan Pelabuhan Tanjung Priok.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Selain memfasilitasi keberangkatan, Pelindo juga memfasilitasi kepulangan para pemudik dari kota tujuan untuk kembali ke kota keberangkatan, termasuk Jakarta.

Ribuan pemudik juga terlihat telah berkumpul sejak pukul 06.00 pagi di Terminal 2 JICT, kawasan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Keberangkatan para pemudik tersebut dilepas oleh Direktur Utama Pelindo, Arif Suhartono.

Ardhy Wahyu Basuki, Group Head Sekretariat Perusahaan Pelindo menjelaskan, bahwa tahun ini sebanyak 8.150 kursi disiapkan untuk masyarakat dalam program mudik gratis besama Pelindo Grup. Dari jumlah tersebut, 7.950 seat untuk pemudik yang menggunakan moda transportasi bus.

"Selebihnya, sebanyak 200 kursi merupakan kuota untuk pemudik yang menggunakan moda transportasi kapal laut. Sebelumnya, pada Minggu kemarin, kami telah memberangkatkan sekitar 100 warga pulang kampung gratis menggunakan kapal laut, dengan kota tujuan Ambon dan Sorong," jelasnya.

Tahun ini, kata dia,  Pelindo kembali berpartisipasi dalam program mudik bersama Kementerian BUMN. Rencananya, ribuan pemudik akan diberangkatkan serentak dengan menggunakan bus dari Monas ke berbagai kota tujuan di Jawa dan Sumatera pada Jumat besok, 5 April 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya