BUMN MIND ID dan Pelindo Dikabarkan Segera IPO

MIND ID.
Sumber :
  • Dokumentasi MIND ID.

Jakarta – Pemerintah dikabarkan segera melepas saham MIND ID dan Pelindo ke publik (Initial Public Offering/IPO). Saat ini rencana IPO dua BUMN tersebut masih dalam pembahasan. Demikian disampaikan satu sumber VIVA, Jumat, 5 April 2024. 

IDSurvey: BUMN Perlu Adaptif Hadapi Gejolak Ekonomi yang Tidak Stabil

MIND ID merupakan holding perusahaan pertambangan yang terdiri dari PT Bukit Asam Tbk, PT Aneka Tambang Tbk, PT Timah Tbk, PT Freeport Indonesia, dan PT Inalum.  

Sebelumnya, Inalum yang dikabarkan akan segera IPO. Hal itu diperkuat dengan langkah pemerintah yang telah memisahkan (spin off) Inalum dari induknya MIND ID pada Maret lalu.

Anggota DPR Salut Kejagung Berani Usut Dugaan Korupsi di Sektor Tambang

Namun, menurut sumber itu, valuasi Inalum dianggap terlalu kecil, sehingga berpotensi tidak diminati investor. Sebaliknya, MIND ID, sebagai perusahaan holding memiliki valuasi yang jauh lebih besar. Apalagi pada akhir Februari lalu MIND ID resmi menambah porsi kepemilikan di PT Vale Indonesia Tbk (INCO) menjadi 34% dari semula 20%.

Ilustrasi MIND ID.

Photo :
  • Dokumentasi MIND ID.
Selesaikan Persoalan Papua, Jusuf Kalla Beri Saran Begini ke Prabowo-Gibran

Pertimbangan tersebut yang tampaknya membuat pilihan untuk melepas saham MIND ID ke public menjadi lebih prospektif. “Dia (MIND ID) kan memiliki saham Freeport dan Vale, saham perusahaan jumbo, jadi lebih seksi. Kalau Inalum dirasa terlalu kecil,” ujarnya.

Sumber itu menambahkan, selain MIND ID, pemerintah dikabarkan juga menyiapkan rencana melakukan IPO terhadap BUMN pelabuhan PT Pelindo. Holding BUMN sektor jasa pelabuhan itu dinilai memiliki skala yang besar.

“Bagi investor luar negeri, mereka lebih berminat terhadap perusahaan seperti pertambangan dan pelabuhan,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya