Menhub Sebut Maskapai Tambah 2.800 Penerbangan Domestik saat Mudik Lebaran

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, saat memberikan sambutan di acara FGD 'Kebijakan Angkutan Lebaran Kementerian Perhubungan 2024/1445 H', di kawasan Slipi, Jakarta Barat, Jumat, 5 April 2024.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengungkapkan adanya penambahan 2.800 penerbangan domestik pada masa mudik Lebaran 2024. Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, hal itu merupakan bentuk keseriusan dari para pihak maskapai penerbangan, guna memenuhi kebutuhan masyarakat di periode mudik Lebaran tahun ini.

Viral Seorang Pilot Lamar Pramugari di Dalam Sebuah Penerbangan

"Ada 2.800 penerbangan. Artinya, okupansi lebih bagus, lebih tinggi. Dan ini juga sebagai bentuk keseriusan dari airlines untuk menyongsong mudik," kata Budi Karya dalam acara FGD 'Kebijakan Angkutan Lebaran Kementerian Perhubungan 2024/1445 H', di kawasan Slipi, Jakarta Barat, Jumat, 5 April 2024.

Ilustrasi Industri Penerbangan

Photo :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Dia menambahkan, pihaknya juga turut memberikan dukungan berupa penambahan jam operasional di bandara, guna memaksimalkan rotasi pesawat.

"Dengan membuka bandara lebih malam, misal dari satu tempat ke Karimunjawa, mestinya kan berhenti di sana karena petugas sampai jam 2. Tapi kita bekerja lebih lama sehingga bisa tambah 1-2 rotasi sehingga jumlah yang akan diangkut lebih banyak," ujarnya.

Heru Budi Kunker ke Jepang, Harap Proyek MRT East-West Groundbreaking Agustus

Senada, Staf Khusus Menteri Perhubungan dan Jubir Kementerian Perhubungan, Adita Irawati mengatakan, dari 420 pesawat yang digunakan sebagai angkutan mudik, pihaknya menyiapkan 51 bandara sebagai titik pantau dari total 287 bandara di Indonesia.

Untuk proyeksi sebaran bandara tersibuk pada masa angkutan Lebaran untuk tujuan domestik, Bandara Soekarno-Hatta memiliki proyeksi sebanyak 1,9 juta pergerakan penumpang.

"Soekarno-Hatta juaranya, disusul Bandara Juanda, Kualanamu, Sultan Hasanudin, dan di Yogyakarta," ujarnya.

Diketahui, sebelumnya Kementerian Perhubungan telah menambah 2.000 penerbangan (extra fligt) di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, selama periode mudik Lebaran 2024. Hal ini merupakan salah satu upaya Kemenhub, untuk memenuhi kebutuhan angkutan udara pada periode mudik Lebaran tahun ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya