Jaga Ketersediaan di Lebaran, Pertamina Tambah 164.640 LPG 3 Kg untuk Situbondo dan Banyuwangi

tabung gas elpiji 3 kg atau tabung melon/Ilustrasi.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Jakarta - PT Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus meningkatkan pasokan LPG 3 kg sebanyak 164.640 tabung untuk pangkalan LPG 3 kg di wilayah Situbondo dan Banyuwangi. Hal itu dilakukan untuk memastikan ketersediaan yang cukup selama Lebaran Idul FItri.

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus, Ahad Rahedi mengatakan penambahan pasokan tersebut dilakukan secara bertahap mulai tanggal 6 hingga 13 April 2024.

Ilustrasi gas melon alias tabung gas Elpiji 3 Kg.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Peringati Hari Kartini, Peran Perempuan dalam Industri 4.0 Jadi Sorotan di Hannover Messe 2024

“Tak hanya sektor transportasi arus mudik yang perlu disupport dengan penebalan BBM, sektor domestik juga dilakukan upaya penebalan stok LPG 3 kg yang diprediksi naik konsumsinya 5,3 persen,” ujar Ahad dalam keterangannya Kamis, 11 April 2024.

Ahad menyebut, tambahan pasokan tersebut mencakup 122.080 tabung untuk Kabupaten Banyuwangi, yang setara dengan 193 persen dari konsumsi normal harian. Serta 42.560 tabung untuk Kabupaten Situbondo, yang merupakan 188 persen dari konsumsi harian normal.

Ajang JDM Funday Mandalika 2024 Bukan Sekadar Balapan Mobil Jepang

Ahad juga mengingatkan masyarakat untuk membeli LPG 3 kg di Pangkalan Resmi Pertamina untuk mendapatkan Harga Eceran Tertinggi sebesar Rp16.000. Serta memastikan bahwa subsidi harga LPG dimanfaatkan dengan benar oleh yang berhak, bukan untuk keuntungan pribadi oleh pengecer.

“Tak bosan-bosannya kami mengingatkan kepada masyarakat agar membeli LPG 3 kg di Pangkalan Resmi. Gubernur menetapkan subsidi harga LPG, agar masyarakat yang berhak dapat membeli dengan harga terjangkau, tapi hal ini dimanfaatkan untuk meraup keuntungan oleh pengecer. Kami juga merasa sangat disayangkan menambah tabung apabila masih dinikmati oleh pengecer,” terangnya. 

Sebagai informasi, di Banyuwangi, terdapat 2.065 pangkalan LPG 3 kg, sedangkan di Situbondo terdapat 404 pangkalan. Hal ini memberikan akses yang memadai kepada masyarakat, dengan rasio minimal 2-3 pangkalan LPG resmi Pertamina di setiap desa di Situbondo dan 8-11 pangkalan di Banyuwangi.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya