Volume Penumpang Kereta Cepat Whoosh Naik 40 Persen pada Senin 15 April 2024

Kereta Cepat Whoosh (dok. KCIC)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta – Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mengungkapkan, volume penumpang Kereta Cepat Whoosh masih mengalami peningkatan yang tinggi, pada Senin 15 April 2024. Volume penumpang di sejumlah jadwal perjalanan dari Stasiun Tegalluar dan Padalarang menuju Halim sudah mencapai di atas 95 persen.

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

GM Corporate Secretary, Eva Chairunisa mengatakan KCIC memprediksi jumlah penumpang pada Senin, 15 April akan kembali melebihi angka 20 ribu. Jumlah tersebut meningkat sekitar 40 persen jika dibandingkan pada hari normal.

"Berdasarkan pantauan di stasiun dan sistem penjualan tiket, penumpang dari Bandung ke Jakarta dengan menggunakan Whoosh pada hari libur terakhir ini masih tinggi. Kami prediksi jumlah penumpang Whoosh hari ini masih sama tingginya dengan kemarin," kata Eva dalam keterangannya Senin, 15 April 2024.

INACA Tak Setuju Iuran Pariwisata Masuk Dalam Komponen Tiket Pesawat, Ini Alasannya

Kereta Cepat Jakarta Bandung di Stasiun Halim

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

Eva menjelaskan, sejauh ini puncak arus balik terjadi pada Minggu, 14 April 2024 di mana total penumpang sebanyak 21 ribu penumpang dengan rata-rata okupansi di jam-jam favorit mencapai 95 persen. 

KCIC Minta Maaf Kecepatan Whoosh Dikurangi karena Hujan Deras

Pada momen tersebut terang dia, sekitar 13.500 penumpang yang berangkat dari Stasiun Padalarang/Tegalluar, dan 7.500 penumpang lainnya berangkat dari Stasiun Halim. 

"Hal ini menunjukkan tingginya masyarakat yang ingin kembali ke Jakarta setelah menghabiskan libur lebaran di Bandung dan Sekitarnya. Penumpang juga memilih menggunakan Whoosh karena bebas dari kemacetan dan kenyamanan yang ditawarkan," ujarnya. 

Untuk mengakomodir peningkatan pada arus balik ini Eva mengatakan, KCIC mengoperasikan 12 kereta tambahan hingga tanggal 18 April 2024. Hal ini juga sejalan dengan arahan pemerintah untuk mengatur jadwal perjalanan arus balik masyarakat kembali ke Jakarta. 

Eva mengingatkan kepada penumpang jika gate Kereta Cepat Whoosh ataupun KA Feeder akan ditutup 5 menit sebelum jadwal keberangkatan. Sehingga penumpang disarankan untuk bisa datang lebih awal, setidaknya 30 menit sebelum jadwal keberangkatan. 

"Agar tidak tertinggal kereta, kepada para penumpang kereta cepat Whoosh kami harapkan untuk bisa mengatur dan memperkirakan waktu perjalanannya menuju stasiun mengingat potensi kepadatan di jalan raya pada masa arus balik kali ini," imbuhnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya