Menteri PUPR Sebut Operasi 7 Ruas Tol Fungsional Sukses Perlancar Arus Mudik Lebaran 2024

Jalan tol Solo-Jogja dibuka fungsional saat arus mudik dan balik Lebaran 2024
Sumber :
  • tvOne/Teguh Joko Sutrisno

Jakarta – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pengoperasian sejumlah ruas tol fungsional pada periode mudik Lebaran 2024 kemarin, telah berjalan efektif dalam upaya membantu kelancaran arus lalu lintas bagi para pemudik.

Menhub dan Menkes Ikut Pindah ke IKN Juli 2024, Basuki: Menkeu Belum 

Dimana, sebanyak 7 ruas tol telah difungsionalkan secara gratis oleh Kementerian PUPR pada arus mudik kemarin, seperti misalnya Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo seksi Colomadu-Klaten 22,3 Km.

"Saya lihat (di tol) Solo-Jogja, kemarin itu sudah ribuan mobil lewat situ. Anak saya dari Semarang lewat situ ke Jogja lancar sekali. Begitu saya mendarat di sini, dia sudah sampai Jogja. Jadi kalau fungsional insyaAllah membantu (kelancaran arus mudik)," kata Basuki usai acara Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, yang digelar di Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa, 16 April 2024.

Progres Pembangunan Tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 1 Capai 83,85 Persen

Jalan tol Solo-Jogja dibuka fungsional saat arus mudik dan balik Lebaran 2024

Photo :
  • tvOne/Teguh Joko Sutrisno

Selain pengoperasian tol secara fungsional untuk membantu kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2024, pemerintah juga telah menyiapkan diskon tarif untuk sejumlah ruas tol di kisaran 14-35 persen untuk sejumlah golongan kendaraan tertentu.

Viral Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung, Sopir Pontang-Panting Mengejar

Namun, Basuki mengaku belum bisa menerangkan secara detail dampak dari penerapan diskon tarif tol tersebut. Karena, penerapannya untuk arus balik baru akan diterapkan besok.

"Kalau diskon, sekarang mau ada diskon ini sekalian untuk menjereng pemudik kan. Ada WFH, kemudian ada diskon tarif tol. Jadi untuk menyebar pemudik-pemudik. Mudah-mudahan ada dampaknya. Nanti evaluasi menyeluruh pasti oleh Korlantas dan Kemenhub," ujarnya.

Diketahui, selain ruas Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo seksi Colomadu-Klaten (22,3 Km) yang difungsionalkan gratis pada arus mudik Lebaran 2024 ini, keenam ruas tol lain yang juga difungsionalkan secara gratis antara lain yakni Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B Cikeas-Cibitung (19,65 Km).

Selanjutnya ruas Tol Jakarta- Cikampek II Selatan paket 3 Kutanegara-Sadang (8,5 Km), dan Tol Bangkinang-Koto Kampar (24,7 Km).

Kemudian, ada pula Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Seksi 2 Kuala Tanjung-Indrapura (9,47 Km) dan Seksi 3-4 Tebing Tinggi-Sinaksak (47,15 Km), Tol Indrapura-Kisaran Seksi 2 Lima Puluh-Kisaran (32,15 Km), dan Tol Kayuagung-Palembang-Betung Seksi 3 sebagian dari IC Musilandas-Desa Sukamulya (21,2 Km).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya