Investasi Rp 1,6 Triliun, Apple Bakal Bangun Developer Academy di 4 Wilayah RI

Bos Apple Tim Cook (Tengah).
Sumber :
  • Antara.

Jakarta - Usai pertemuan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Chief Executive Officer (CEO) Apple, Tim Cook pada hari ini, Kamis, 17 April 2024, Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita memastikan, Apple telah resmi berinvestasi senilai Rp 1,6 triliun di Indonesia.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

"Nah itu total nilai investasinya sekitar Rp 1,6 triliun dari empat kota," kata Agus Gumiwang di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis, 17 April 2024.

Presiden Jokowi bertemu CEO Apple Tim Cook di Istana Kepresidenan, Jakarta, 17/4

Photo :
  • Dok Projo
Gandeng IEP, Kemenag Buka Peluang Sinergi dengan Perguruan Tinggi Amerika

Dia menjelaskan, jenis investasi Apple yakni untuk membangun infrastruktur pendidikan, yakni Apple Developer Academy, yang rencananya bakal dibangun di empat daerah antara lain Bali, Batam, Surabaya, dan Tangerang Selatan (Banten).

Selain di keempat kota tersebut, Agus memastikan bahwa kedepannya fasilitas serupa juga bakal dibangun di kawasan Indonesia Timur, dan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

3 Tips Sukses bagi Generasi Muda, Panduan Lengkap untuk Meraih Profit Stabil

"Kami mau mengarahkan mungkin di Timur (Indonesia) satu, di Makassar dan di IKN ya untuk Apple Development Academy itu," ujar Agus.

Dengan demikian, lanjut Agus, hal itu dapat dimasukkan ke dalam konteks menghitung Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), sebagai bentuk fleksibilitas pemerintah dalam menampung minat investasi di Tanah Air.

"Nah, itu cara-cara menghitung TKDN yang mungkin kita tidak boleh kaku, tapi investasi masuk," kata Agus.

Menkominfo, Budi Arie Setiadi usai mendampingi Presiden Jokowi bertemu CEO Apple

Photo :
  • Antara

Namun di sisi lain, Agus juga memastikan bahwa pemerintah akan mendorong Apple untuk membangun pabrik di Tanah Air. Sebab, menurutnya Indonesia memiliki kesiapan dalam mengadakan sejumlah komponen, seperti misalnya baterai, kabel, dan lain sebagainya.

"Apple ini salah satu pendekatan yang sangat unik yang kita ambil. Karena untuk menghitung TKDN itu berdasarkan investasi, dan investasi mereka itu adalah membangun infrastruktur pendidikan bagi calon-calon developer, namanya Apple Developer Academy," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya