Luhut Sebut Apple Juga Sangat Tertarik Investasi di IKN

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan [dok. Instagram @luhut.pandjaitan]
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan membeberkan isi pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama CEO Apple, Tim Cook. Pada pertemuan ini membahas rencana investasi Apple di RI hingga insentif yang akan diberikan oleh Pemerintah. 

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Apple menyampaikan ketertarikan untuk berinvestasi di calon ibu kota RI, yakni Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur. Menurutnya, nilai investasi itu juga akan dalam jumlah yang besar. 

"la (Apple) juga sampaikan ketertarikannya terhadap penerapan teknologi masa depan di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang kami paparkan. Untuk itu, Tim berkata akan berinvestasi dalam jumlah yang cukup besar ke Indonesia. Terkait hal ini, saya pun diberi mandat oleh Presiden Jokowi untuk mengkoordinasikan seluruh proses yang diperlukan untuk investasi Apple dalam membangun ekosistem smart city di Ibu Kota Nusantara (IKN)," ujar Luhut lewat Instagramnya @luhut.pandjaitan Kamis, 18 April 2024.

Sri Mulyani Ungkap Pembangunan IKN Sudah Sedot APBN Rp 4,3 Triliun

Bos Apple Tim Cook (Tengah).

Photo :
  • Antara.

Dalam video tersebut, Luhut juga menegaskan bahwa Apple juga sangat tertarik investasi di bidang Artificial Intellegence (AI) di IKN. 

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

“Dia sangat tertarik dengan IKN. Dia bilang ‘Kami mau investasi di IKN di bidang AI dan AI Center di bali dan di Solo’. Dia melihat itu sebagai suatu peluang untuk melakukan investasi, karena melihat pertumbuhan ekonomi kita dan melihat bonus demografi dan hilirisasi industri,” kata Luhut.

Luhut mengatakan, dalam pertemuan itu Tim Cook menyebut bahwa Indonesia memiliki potensi yang besar dengan jumlah penduduk yang mencapai 282 juta jiwa.

"Presiden memerintahkan saya untuk segera merespons rencana mereka mau investasi dalam jumlah yang cukup besar di Indonesia. Pertemuannya sangat produktif,  karena dia juga baru menyadari negara ini yang sangat potensial dengan jumlah penduduk 282 juta," kata Luhut.

"Pertumbuhan ekonomi yang stabil, makroekonomi juga semua bagus, inflasi yang baik. Dan itu semua sangat diapresiasi Cook, Cook katakan Indonesia jadi sasaran kami untuk investasi," sambungnya.

Luhut menyatakan, atas rencana investasi itu Pemerintah siap untuk memberikan insentif, yang sama seperti di India Thailand, bahkan insentif yang akan diberikan akan lebih besar. 

"Saya bilang ke dia (Apple), kalian dapat fasilitas insentif seperti di India dan Thailand, ya kita juga bisa memberikan hal yang sama. Malah Presiden perintahkan saya, katakan 'Pak Luhut ini masa kompetisi, jadi kalau di Thailand atau India dia dapat dua, ya kalau kita bisa kasih lebih dua koma berapa harus kita bisa'," jelasnya.

Selain itu Luhut mengatakan, Apple juga berencana akan menambah satu lagi fasilitas Apple Developer Academy di Bali, setelah sebelumnya sudah tersedia di Surabaya, Batam, dan Tangerang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya