Indonesia Segera Liberalisasi Sektor Pos

Kantor PT Pos Indonesia
Sumber :
  • properti.posindonesia.co.id

VIVAnews - Indonesia segera mereformasi dan meliberalisasi sektor pelayanan pos. Perubahan ini akan memberi kesempatan lebih besar bagi swasta untuk andil di jasa pengiriman.

Demikian Direktur Jenderal Pos dan Telekomunikasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Muhammad Budi Setiawan. Menurut dia, mengatakan bahwa reformasi dan liberalisasi jasa pos Indonesia adalah implementasi dari UU baru yang disahkan tanggal 14 Oktober 2009.

“Undang-undang ini mengakui perlunya perubahan menyeluruh atas kerangka peraturan untuk memenuhi tantangan-tantangan yang timbul karena perkembangan teknologi dan globalisasi yang semakin meningkat,” ujar Setiawan pada konferensi pers bersama perwakilan Uni Eropa di Jakarta, Rabu 27 Oktober 2010.

Liberalisasi dan reformasi yang akan dilakukan oleh PT. Pos Indonesia adalah membuka kesempatan lebih luas kepada para pelaku jasa pengiriman dan pos untuk ikut andil dalam bisnis ini. Setiawan mengatakan bahwa dengan liberalisasi ini, jasa pos tidak lagi akan dimonopoli oleh negara, namun bersifat lebih terbuka bagi semua pihak.

“PT. Pos akan jadi sistem utama, sementara perusahaan swasta akan menjadi sistem pendukung,” ujar Setiawan.

Perombakan yang sedang digodok di kementerian ini akan meningkatkan kinerja pos Indonesia, diantaranya adalah pos universal, yaitu jangkauan pos akan merambah setiap sudut tanah air dan memastikan surat akan dapat sampai langsung pada rumah penerima di manapun lokasinya di seluruh Indonesia dan dunia.

Hal ini, ujar Setiawan sangat menguntungkan bagi dunia bisnis. Karena, ujarnya, ketika surat pribadi dan kartu pos sudah surut penggunaannya karena kemajuan teknologi, jasa pos justru sangat berguna bagi korespondensi di dunia bisnis. Uni Eropa yang meningkatkan investasinya di Indonesia akan menjadi sasaran penting bagi pos Indonesia.

“Terdapat 750 usaha Uni Eropa di Indonesia. Hal ini tentunya akan menjadi peluang,” ujar Setiawan.

Selain itu, menurutnya, perusahaan jasa pengiriman dari luar negeri yang memiliki jaringan global dan lebih luas daripada jasa pengiriman di Indonesia akan memudahkan pelaku bisnis dalam usahanya.

Penonton Indonesia Bakal Adakan Nobar Episode Terakhir Queen of Tears, Catat Jadwalnya!
Ilustrasi ibu hamil

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

Hamil adalah periode yang penting dalam hidup seorang wanita, dan menjaga pola makan yang sehat adalah salah satu cara terbaik untuk memastikan kesehatan ibu dan bayi.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024