Pencurian Data

Djoko Suyanto: Tak Ada Dokumen Militer

Menkopolhukam Djoko Suyanto kunjungi Hasan Tiro
Sumber :

VIVAnews - Delegasi Indonesia yang dipimpin Menteri Koordinator bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengalami kejadian unik saat mengunjungi Korea beberapa hari lalu. Tiga orang penyusup diberitakan masuk ke kamar salah satu delegasi, dan menyedot sejumlah data rahasia dari laptop yang dicuri.

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) membenarkan informasi mengenai hilangnya laptop salah seorang staf dari delegasi Indonesia yang ikut ke Korea. Namun, laptop yang sempat hilang itu akhirnya bisa ditemukan pihak keamanan hotel.

Dalam rombongan delegasi Indonesia, juga terdapat Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro dan Menteri Perindustrian MS Hidayat.

Namun, menurut Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Djoko Suyanto, meski Menteri Pertahanan maupun stafnya ikut dalam delegasi tersebut, mereka tidak membawa dokumen atau data-data penting tentang kemiliteran.

Neta Pamer Mobil SUV Baru Rp200 Jutaan

"Tidak ada dokumen atau file-file militer, karena memang nggak ada yang bawa dokumen itu," kata dia dalam pesan singkatnya kepada VIVAnews.com di Jakarta, Minggu malam 20 Februari 2011.

Djoko menambahkan, hal tersebut sudah dijelaskan Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro.

Apalagi, kata dia, Menhan ke Korea bersama rombongan Menteri Perekomonian Hatta Rajasa dalam rangka kerja sama ekonomi dan industri dengan pihak Korea.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Michael Tene, saat berbincang dengan VIVAnews.com melalui telepon juga mengaku laptop yang dicuri itu bukan milik Kementerian Pertahanan (Kemenhan). "Yang pasti bukan Kemenhan, tetapi memang milik salah seorang staf dari delegasi Indonesia yang ikut ke Korea," ujarnya.
 
Sebelumnya, mengutip sumber dari Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Korea dan sumber kepolisian, Seoul Broadcasting Station (SBS) melaporkan, tia penyusup, --dua laki-laki dan satu perempuan yang diyakini orang Asia, mengunduh file rahasia dari laptop anggota delegasi RI. 

Dewas KPK Gelar Sidang Etik Nurul Ghufron 2 Mei terkait Dugaan Penyalahgunaan Wewenang

Sejumlah file yang hilang itu diyakini berisi data rahasia militer, antara lain rencana Indonesia membeli pesawat T-50 buatan Korea.

Masjid Ibrahimi di Hebron

Israel Tutup Masjid Ibrahimi di Kota Hebron karena Dipakai Umat Yahudi untuk Paskah

Masjid Ibrahimi, salah satu situs paling suci dalam keyakinan umat Islam, kini ditutup bagi para penganutnya yang ingin beribadah. Keputusan ini diambil karena Israel.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024