China Siapkan Investasi di Sektor Industri RI

Pertumbuhan Ekonomi Cina : Beijing
Sumber :
  • AP Photo/Greg Baker

VIVAnews - Republik Rakyat China (RRC) sebagai salah satu negara dengan skala perekonomian terbesar di kawasan Asia terus berekspansi dalam bidang ekonomi di berbagai negara, termasuk di Indonesia.

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat investasi pemodal asal China di Indonesia selama kuartal I-2011 mencapai US$28,4 juta atau berada pada posisi kesepuluh sebagai negara asal Penanaman Modal Asing (PMA) terbesar di Tanah Air.

"Memang China tidak termasuk lima besar negara asal PMA. RRC masuk rangking ke-10 dengan nilai realisasi investasi US$28,4 juta pada periode triwulan I-2011," ujar Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal BKPM, Azhar Lubis, kepada VIVAnews.com melalui pesan singkatnya di Jakarta, Rabu malam 20 April 2011.

Menurut Azhar, nilai investasi PMA asal China sepanjang triwulan I-2011 memang belum terlalu signifikan. Namun, BKPM menangkap adanya tren investasi pemodal China di Indonesia yang terus meningkat.

Tren peningkatan investasi China itu terlihat dari tujuan pemodal Negara Tirai Bambu tersebut dari semula hanya di sektor perdagangan, kini mulai merambah ke sektor industri. "Salah satu contohnya ialah industri rumah tangga dan masih banyak lagi," ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Presiden China Xi Jiping usai pertemuan dengan ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie mengaku tertarik untuk menjalin kerja sama sekaligus meningkatkan investasi pemodal China di Indonesia.

Sejumlah sektor bisnis yang ditawarkan kepada investor China di antaranya energi, pertanian, dan infrastruktur.

"Saya menjelaskan masalah pertanian baik untuk biodiesel dan bioetanol. Yang kami harapkan, bisa dilakukan kerja sama. Beliau mengatakan tertarik dengan kerja sama tersebut,” ungkap Aburizal Bakrie. (art)

Penonton Indonesia Bakal Adakan Nobar Episode Terakhir Queen of Tears, Catat Jadwalnya!
Ilustrasi ibu hamil

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

Hamil adalah periode yang penting dalam hidup seorang wanita, dan menjaga pola makan yang sehat adalah salah satu cara terbaik untuk memastikan kesehatan ibu dan bayi.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024