Dahlan Iskan

"Saya Tak Takut Impor Gas, Meski Dikecam"

Dahlan Iskan
Sumber :
  • perskita.wordpress.com

VIVAnews - Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), Dahlan Iskan mengancam akan melakukan segala cara untuk menyelamatkan listrik. Terutama untuk mendapatkan pasokan gas.

"Saya akan pertaruhkan jabatan saya untuk gas. Kita akan ambil jalan pintas, apapun resikonya, termasuk impor gas," kata Dahlan Iskan, di Denpasar, Bali, Kamis 9 Juni 2011.

Dikatakan, jika saja Indonesia menggunakan gas untuk pembangkit listrik di seluruh Indonesia, maka Negara akan hemat sebesar Rp15 triliun tiap tahunnya untuk pembangkit listrik sebesar 5.000 megawatt. "PLN sulit mendapat gas, padahal negeri ini kayak akan gas. Akhirnya kita pakai solar. Untuk mengatasi ini, saya tidak peduli akan ambil langkah apapun," tegasnya.

Dikatakan, untuk merealisasikan keinginannya, ia sudah menjajaki dengan Iran. Belum lama ini, ceritanya, ia mengunjungi Iran untuk menjajaki kemungkinan PLN dapat gas dari negeri sosialis tersebut. "Tetapi di Indonesia sudah macam-macam beritanya. Demi Indonesia, saya tidak tidak peduli. Saya tak takut untuk impor, meski banyak yang mengecam," tuturnya.

Katanya, tak hanya persoalan gas, pun halnya dengan batubara. Meski Indonesia kaya akan keduanya, tetapi PLN harus menggunakan Solar untuk mengoperasikan seluruh pembangkit listrik di Indonesia. Tak ayal, Dahlan mempertanyakan nasionalisme Indonesia. "Di mana nilai nasionalisme kita? Kita kaya akan keduanya, tetapi harus beli batubara dengan harga standar internasional. Kita juga ancam PLN akan impor batubara," seru Dahlan.

Jika dalam waktu dekat persoalan ini tak kunjung selesai, Dahlan mengaku tak segan merealisasikan gagasannya tersebut. "Saya cuma ingin menyelamatkan uang negara. Bail out Bank Century yang hanya senilai Rp7,5 triliun dan terjadi hanya sekali, semua sudah ribut. Kita kehilangan Rp15 triliun tiap tahunnya karena PLN pakai Solar, kok tidak ada yang ribut," sindir Dahlan.

Sementara itu, menanggapi keinginan beberapa pihak agar PLN tidak mengimpor gas, Dahlan dengan santai menjawabnya. "Kalau saya dilarang impor gas, ya berikan dong," jawabnya enteng. (Laporan Bobby Andalan, Bali)

PKB Loyo Mau Gulirkan Hak Angket: Prabowo Sudah Keliling Partai
Deretan mobil bekas di WTC Mangga Dua, Jakarta Pusat.

Daftar Harga Pajero Sport Bekas dan Pajak Tahunannya

Bagi Anda yang ingin merasakan ketangguhan dan kemewahan Pajero Sport generasi ketiga tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam, pasar mobil bekas menawarkan pilihan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024