Jero Wacik: Saya Punya Modal

Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik,
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Lama mengurus parawisata, dalam reshuffle kali ini Jero Wacik digeser ke posisi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Mengantikan Darwin Zahedy Saleh, Jero Wacik dinilai sejumlah orang salah posisi sebab ia nyaris tidak punya riwayat di dunia energi.

Perlindungan Cat Mobil Berkualitas Tinggi Hadir di Jakarta Selatan

Tapi ia membantah keraguan itu. Sebagai alumni Institut Teknologi Bandung, katanya, ia memiliki kemampuan yang memadai. Wacik memang lulusan teknil mesin ITB dan kemudian melanjutkan studi ekonomi di Universitas Indonesia.

"Saya merasa punya modal," kata Wacik, saat ditemui wartawan sebelum pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu 19 Oktober 2011.

Meski bukan lulusan teknik geologi maupun perminyakan, dia yakin bisa memimpin Kementerian Energi yang tengah menggenjot produksi minyak nasional. "(Lulusan teknik sipil) tak masalah, yang penting kerja keras," ujar Wacik.

Ia yakin memiliki ratusan teman yang memiliki keahlian di bidang itu. "Saya juga masuk di PII (Persatuan Insinyur Indonesia), dan saya komunikasi terus."

Mengenai kerusuhan yang terjadi di tambang emas dan tembaga milik PT Freeport Indonesia, dia mengaku akan segera menyelesaikan masalah itu. Kerusuhan yang awalnya hanya protes kenaikan gaji merembet menjadi kerusuhan besar dan sempat menghentikan produksi.

Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali
Ilustrasi penembakan.

Polisi Ditemukan Tewas di Mampang Jaksel dengan Luka Tembak di Kepala

Seorang anggota polisi ditemukan tewas dengan luka tembak di kepala di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan pada Kamis 25 April 2024

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024