Terkaya Versi Forbes

Tiga Taipan Pertahankan Tahta Kekayaan

Eka Tjipta Widjaja
Sumber :
  • ekatjiptafoundation.org

VIVAnews - Majalah ekonomi Forbes kembali merilis daftar 40 orang terkaya di Indonesia. Total kekayaan dari para taipan di Tanah Air ini diperkirakan mencapai US$85,1 miliar atau Rp765,9 triliun.

Sebanyak tujuh orang pengusaha harus rela meninggalkan singgasananya digantikan oleh para pengusaha yang memiliki kekayaan lebih besar. Namun, dari daftar 40 orang terkaya Indonesia itu, tiga nama pengusaha masih menduduki posisi tertinggi tahta miliarder di Nusantara.

Ibu dan Dua Anak Tertimbun Longsor di Garut Ditemukan

Posisi ketiga orang terkaya Indonesia ini juga tidak tergoyahkan sejak 2010. Total kekayaan ketiga pengusaha yang mencapai US$32,5 miliar ini merupakan 38 persen dari total kekayaan 40 orang terkaya Indonesia.

Berikut ini kekayaan tiga orang pengusaha yang sulit tergeser dari tahtanya sebagai miliarder terkaya di Indonesia seperti dikutip dari laman Forbes: (kurs Rp9.000 per dolar AS)

1. R Rudi dan Michael Hartono

Budi Hartono, pemilik Grup Djarum
Total kekayaan 2011: US$14 miliar (Rp126 triliun)
Total kekayaan 2010: US$11 miliar (Rp99 triliun)
Bisnis: Perbankan
Usia : 70 tahun

Kekayaaan keluarga Hartono ini berasal dari kepemilikan saham mereka di salah satu perbankan terbesar Indonesia, PT Bank Central Asia Tbk (BCA). Tahun lalu, saham BCA tercatat naik 20 persen di Bursa Efek Indonesia.

Selain dari bisnis perbankan, kekayaan keluarga Hartono ini mengalir dari perusahaan rokok kretek, Djarum, perkebunan kelapa sawit, dan komplek real estate di Jakarta.

Lewat perusahaan baru yang didirikannya, Global Digital Prima Ventures, keluarga Hartono juga membeli Kaskus, sebuah portal website paling populer di Indonesia.
 
2. Susilo Wonowidjojo

Jeep Rubicon Mario Dandy Bakal Dilelang Lebih Murah Usai Tak Laku, Berapa Harga Bekasnya?

Total kekayaan 2011: US$10,5 miliar (Rp94,5 triliun)
Total kekayaan 2010: US$8 miliar (Rp72 triliun)
Bisnis: Rokok
Usia : 55 tahun

Perusahaan rokok sekali lagi memasukkan salah satu nama dalam daftar tiga besar orang terkaya di Indonesia. Susilo Wonowidjojo tercatat sebagai presiden komisaris dari perusahaan rokok PT Gudang Garam Tbk.

Gudang Garam didirikan oleh ayah Susilo Wonowidjojo dan sempat dijalankan oleh sang kakak Rachman Halim sebelum meninggal pada 2008.

3. Eka Tjipta Widjaja

Eka Tjipta Widjaja
Total kekayaan 2011: US$8 miliar (Rp72 triliun)
Total kekayaan 2010: US$6 miliar (Rp54 triliun)
Bisnis: Kelapa sawit
Usia : 88 tahun

Lewat bendera perusahaan kelapa sawit, Golden Agri Resources, kekayaan Eka Tjipta terkumpul hingga triliunan rupiah. Namun, harus diakui, upaya Eka Tjipta mengembangkan usahanya itu kini semakin sulit karena harus memerangi isu kerusakan lingkungan.

Selain dari perkebunan kelapa sawit, Eka Tjipta juga memiliki lembaga jasa keuangan Sinar Mas Multi Artha. (art)

Ini Dia Lift Penumpang Terbesar di Dunia, Bisa Angkut 235 Orang Sekaligus
PT Freeport Indonesia (PTFI) teken Perjanjian Kerja Bersama (PKB) PTFI periode 2024-2026 bersama tiga Ketua Serikat Pekerja/Serikat Buruh (dok: Freeport)

Manajemen dan Serikat Pekerja Freeport Teken PKB, Menaker: Bisa Jadi Contoh bagi Perusahaan Lain

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Tony Wenas bersama tiga Ketua Serikat Pekerja/Serikat Buruh PTFI menandatangani Perjanjian Kerja Bersama (PKB).

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024