Jepang Lagi Sulit, Pebisnis Osaka Lirik RI

Pertemuan pengusaha Jepang dan Indonesia di Jakarta
Sumber :
  • Dokumentasi KJRI Osaka

VIVAnews - Sekelompok pengusaha Jepang dari Osaka kembali berkunjung ke Indonesia, 27 November hingga 1 Desember untuk menjajaki kerjasama bisnis dengan pengusaha tanah air. Bagi mereka, Indonesia kaya akan potensi dan memiliki prospek yang cerah, beberapa daerah di Jepang pun tertarik untuk mengembangkan usaha di negeri ini.

Maka, selain ke Jakarta, rombongan pengusaha itu juga bertandang ke Surabaya. Pejabat dari pemerintah prefektur Osaka, Toshiro Kozutsumi, mengatakan bahwa situasi yang sulit di Jepang membuat para pengusaha harus berekspansi ke luar negeri bila ingin tetap berkembang.

“Saat ini perusahaan di Jepang menderita karena kurangnya jumlah tenaga kerja muda dan tingginya nilai tukar Yen. Oleh karena itu, mereka mencari upaya agar dapat berekspansi ke luar negeri,” kata Kozutsumi seperti yang dikutip dalam siaran pers Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Osaka, Jepang.

Maka, pemimpin rombongan pebisnis dari Osama itu meminta agar pihak Indonesia dapat memperkenalkan kawasan industri yang sesuai bagi perusahaan kecil dan menengah Jepang, partner bisnis yang baik, pusat latihan bahasa Jepang bagi  calon pekerja, serta memberikan insentif perpajakan.

Selama berada di Surabaya, 27-28 November, para pengusaha tersebut mengadakan business matching dengan sekitar 60 pengusaha lokal. Mereka juga meninjau beberapa perusahaan untuk melihat kondisi usaha di Surabaya.
  
Di Jakarta, para pengusaha Osaka juga melakukan business matching  dengan sekitar 50 pengusaha Indonesia di PRJ Kemayoran (30/11). Acara ini bertepatan dengan penyelenggaraan pameran Manufacturing Indonesia 2011, sehingga mereka dapat melihat langsung produk-produk Indonesia yang dipamerkan.

Sebelumnya, pada  Juni lalu, Gubernur Osaka, Toru Hashimoto, yang saat ini menjabat sebagai  Walikota Osaka, membawa 21 pengusaha saat melawat ke Indonesia. (umi)

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat
Workshop Literasi Digital

Workshop Makin Cakap Digital, Membentuk Kesadaran Etika Berjejaring bagi Guru dan Murid Sorong Papua

Semua guru dan murid yang hadir menunjukkan antusiasme tinggi dalam menyimak materi dari para narasumber.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024