Penyebab Serapan Anggaran Pemerintah Rendah

Agus Martowardojo
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Menteri Keuangan, Agus Martowardojo, mengimbau kepada instansi pemerintah agar menaruh seseorang yang tepat pada bagian pengelolaan anggaran. Hal ini untuk mempercepat penyerapan anggaran yang kerap menjadi masalah bagi pemerintah.

“(Selama ini) pejabat yang telah memiliki sertifikasi tidak ditempatkan di bidang yang tepat, malah dipindah-pindah,” kata dia dalam sambutan workshop 'Persiapan Pelaksanaan APBN Tahun Anggaran 2012' di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin 19 Desember 2011.

Menurut dia, hingga saat ini masih banyak satuan kerja di berbagai instansi diisi oleh pejabat yang bekerja sambilan dan tidak terfokus dalam satu bidang pekerjaan. Selain itu, Agus menambahkan, banyak pejabat anggaran takut terhadap pengadaan barang yang mahal. “Ini harus bisa diselesaikan, kuncinya ada di hati,” tuturnya.

Agus mengaku tak ingin menyalahkan siapa pun atas masalah rendahnya penyerapan anggaran. Dirinya mengajak kepada semua pihak untuk introspeksi diri untuk melakukan perbaikan.

“Banyak pejabat di bawah tidak bermotivasi, karena tidak mendapatkan pesan yang jelas dari kita, sehingga gagal,” imbuhnya. (art)

Jasad Ibu dan Dua Anak Korban Longsor di Garut Ditemukan
PT Freeport Indonesia (PTFI) teken Perjanjian Kerja Bersama (PKB) PTFI periode 2024-2026 bersama tiga Ketua Serikat Pekerja/Serikat Buruh (dok: Freeport)

Manajemen dan Serikat Pekerja Freeport Teken PKB, Menaker: Bisa Jadi Contoh bagi Perusahaan Lain

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Tony Wenas bersama tiga Ketua Serikat Pekerja/Serikat Buruh PTFI menandatangani Perjanjian Kerja Bersama (PKB).

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024