17 Organisasi Mahasiswa Makassar Demo Tolak WTO

Demo Mahasiswa Makassar
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Setidaknya 17 organisasi perguruan tinggi di Makassar, Sulawesi Selatan,Senin 2 Desember 2013, berunjukrasa menolak penyelenggaraan forum Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). Forum konferensi tingkat menteri ini akan diselenggarakan di Nusa Dua, Bali, 3 - 6 Desember 2013.

Dalam aksi yang digelar di bawah jembatan layang perempatan Jalan Urip Sumoharjo dan Jalan Andi Pangerang Pettarani itu mereka menuntut pembubaran segala bentuk kerjasama WTO.

"Hentikan juga liberalisasi pertanian, pendidikan, dan kesehatan," kata Ferdy, salah orator aksi itu.

Mahasiswa juga meminta pelaksanaan reformasi agraria sejati, serta penghapusan upah murah bagi para buruh.

Unjuk rasa ini juga disertai dengan aksi teatrikal yang menggambarkan kehadiran WTO tidak pernah membawa kebaikan Indonesia, bahkan mempersulit rakyat kecil.

"Kami meminta agar penyelenggaraan WTO segera diberhentikan karena berdampak buruk bagi rakyat," kata Ferdy.

Kendati digelar beberapa kelompok mahasiswa,  aksi ini berlangsung damai dan tertib. Mereka hanya mendapat pengawalan ketat dari sejumlah aparat kepolisian.

Sosok Jenderal Kopassus di Balik Operasi 20 Menit Rebut Homeyo dari Tangan OPM

Sebagaimana luas diberitakan bahwa pemerintah berambisi meningkatkan perdagangan di sektor perikanan melalui kerja sama perdagangan internasional WTO. Dalam forum pertemuan antar menteri perdagangan di Bali, Indonesia akan menonjolkan produk ikan tuna.

"Ikan tuna yang paling banyak dibutuhkan," kata Menteri Kelautan dan Perikanan, Sharif Cicip Sutardjo.

Sharif mengatakan, sektor perdagangan produk perikanan tidak mengalami kendala yang berarti akibat krisis. Selain itu, menurut dia, negara-negara di dunia masih kekurangan pangan, terutama sektor perikanan.

Laporan: Sri Rahayu Andriani l ANTV, Makassar

Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie

Pemkot Tangsel Raih Opini WTP 12 Kali Berturut, Benyamin: Kami Selalu Bertekad Pertahankannya

Pencapaian Opini WTP Pemkot Tangsel ini yang ketiga di bawah kepemimpinan Wali Kota Benyamin Davnie dan Wakil Wali Kota Pilar Saga Ichsan.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024