BKPM: Investasi Afrika Selatan ke Indonesia Sangat Rendah

Franky Sibarani.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

VIVA.co.id - Keberadaan Afrika Selatan dalam Joint Trade Commission (JTC) pada Juni mendatang menjadi langkah awal untuk menaikkan investasi negara tersebut ke Indonesia. Sebab, investasi negara ini ke Indonesia masih sangat rendah.

"BKPM akan mendukung kegiatan JTC tersebut. Secara khusus saya menugaskan direktur promosi sektoral untuk mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan sehingga pada pelaksanaannya nanti kerja sama investasi yang riil dihasilkan dan menguntungkan kedua belah pihak," kata Kepala Badan Kepala Koordinasi Modal (BKPM), Franky Sibarani di Jakarta, Rabu 22 April 2015.

Cari Data Investasi Lebih Akurat BKPM Gandeng BPS

Namun, menurutnya, perlu dibentuk komisi investasi agar dialog antar investment officer maupun dengan pelaku usaha dapat berjalan lebih efektif.

Selain itu, BKPM akan mengundang seluruh delegasi bisnis Afrika Selatan yang akan hadir dalam forum JTC untuk mengunjungi dan melihat beberapa fasilitas Kawasan Ekonomi Khusus, seperti Tanjung Lesung, Sei Mangke, Kuala Tanjung atau kawasan ekonomi khusus di Indonesia bagian timur.

Menurut data BKPM, nilai investasi Afrika Selatan di Indonesia tercatat relatif rendah, selama periode 2010-2014 berada di peringkat ke-56 dari total 108 negara, dengan total investasi sebesar US$1,69 juta dari 3 proyek. Lokasi proyek pun hanya terdapat di provinsi Bali sebesar US$1,19 juta dan DKI Jakarta sebesar US$500 ribu.

Sementara itu, Menteri Perdagangan dan Industri Afrika Selatan, Rob Davies, peningkatan kerja sama dengan Indonesia penting karena Indonesia dianggap suatu negara yang memiliki kekuatan ekonomi terbesar diantara negara-negara ASEAN lainnya.

"Melalui forum JTC, hubungan perdagangan dan investasi antara Afrika Selatan dan Indonesia dapat dipererat. Misi dan isu terkait bidang Investasi yang akan diangkat oleh Afrika Selatan dalam forum JTC adalah bidangĀ  infrastruktur Tourism, Agro Processing dan Rail Equipments," tambah Rob.

Kerjasama BKPM dan Bank Mandiri

BKPM Gandeng Bank Mandiri untuk Tampung Dana Investor

Indonesia diyakini bakal terus kebanjiran investasi asing.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016