Menko Sofyan: Buruh Sebenarnya Naik Gaji Tiap Tahun

Buruh Tolak Kenaikan Harga BBM
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Hari ini, 1 Mei 2015, sekitar satu juta buruh akan turun ke jalan menyuarakan beberapa tuntutan, di antaranya adalah menolak penetapan kenaikan upah setiap lima tahun.

Di PHK, Buruh Jepang Gantung Diri

Menanggapi hal itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Sofyan Djalil, mengatakan, pemerintah sebenarnya sedang membicarakan, dan segera menyiapkan formula yang tepat, untuk peraturan kenaikan gaji tersebut.

''Kenaikan gaji buruh bukan tiap lima tahun. Naiknya sebenarnya tiap tahun, tapi formulanya yang nanti akan kami tetapkan, supaya ada kepastian,'' ujar Sofyan, Kamis Malam, 30 April 2015.

Demo Buruh, DPR: Bikin Aturan Berpihak Pekerja Lokal

Sofyan menjelaskan, pemerintah segera mengupayakan agar buruh dan pengusaha tidak bingung dengan kepastian kenaikan upah, sehingga buruh tidak perlu membuang-buang tenaga untuk berunjuk rasa.

''Intinya adalah supaya serikat pekerja juga tahu, bagaimana formula kenaikan upah. Tetapi tidak hanya buruh, pengusaha juga harus tahu, agar tidak tiap tahun harus demo,'' ujarnya.

Pendemo Rusak Fasilitas, Ahok: Kita Sikat

Ia menjelaskan, beberapa kementerian dan lembaga yang terkait segera membicarakan perihal peraturan kenaikan gaji buruh, yang kemungkinan berbentuk peraturan pemerintah (PP).

''Kan itu proposal oleh kementerian, nanti yang perlu dibicarakan lebih detail. Kalau hari buruh, ya namanya hari buruh, demo,'' tuturnya.

Ilustrasi suatu aksi di Tugu Proklamasi, Jakarta.

Mogok Nasional Dihalangi, Buruh Minta Bantuan Komnas HAM

Beredar larangan dari pemerintah, pengusaha dan kepolisian untuk mogok

img_title
VIVA.co.id
23 November 2015