Pertamina Jadi Operator Blok Mahakam, Total Siap Kerja Sama

Blok Mahakam
Sumber :
  • Antara/ Yudhi Mahatma
VIVA.co.id
Pertamina Pelajari Rencana PLN Caplok PGE
- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said, memastikan Total E&P Indonesie siap bekerjasama dengan PT Pertamina (Persero) untuk mengelola Blok Mahakam. Sudirman mengatakannya pada Minggu, 17 Mei 2015.

Dapat Arahan Menteri BUMN, PLN Bakal Caplok PGE
"Kemarin tim Total global datang ke Presiden untuk konfirmasi kesediaan mereka untuk bekerjasama dengan Pertamina. Artinya, mereka menyatakan dengan jelas bahwa menyadari pemerintah punya keputusan akan menempatkan Pertamina sebagai operator," kata Sudirnan di Jakarta.

Pertamina Jamin Stok Premium Tetap Tersedia di Medan
Dia pun menepis kabar bahwa pemerintah memberikan Blok Mahakam kepada Total. "Yang betul, Total menyatakan konfirmasi bahwa mereka bersiap untuk mengerahkan dan mengalihkan operatorship kepada Pertamina sesuai dengan tahapan yang direncanakan," kata eks dirut PT Pindad (Persero) itu.

Selanjutnya, Sudirman menekankan bahwa pemerintah daerah punya share 10 persen di blok migas tersebut. Pemerintah daerah pun diminta untuk mempersiapkan diri sejauh mungkin untuk pendanaan.

"Kami ingin dorong pemerintah daerah bersiap dari sekarang dan berkomunikasi dengan pemerintah pusat supaya kalau ada kekurangan dana bisa disiapkan dari jauh hari," kata dia.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya