Faisal Basri Blak-blakan soal Petral

Pengamat Ekonomi, Faisal Basri.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

VIVA.co.id - Mantan Ketua Tim Reformasi Tata Kelola Migas, Faisal Basri, di depan anggota Komisi VII DPR mengungkapkan keberadaan PT Pertamina Energy Trading Limited (Petral) sejak awal. Salah satunya, semenjak didirikan di Bahama.

Produksi Gas PHE Lampaui Target 2016, Ini Pendorongnya

"Tahun 1969, Pertamina dan satu perusahaan Amerika Serikat, mendirikan Petra Group di Bahama, dengan tujuan ekspor minyak," kata Faisal dalam Rapat Dengar Pendapat Umum dengan Komisi VII DPR, Rabu malam 20 Mei 2015.

Menurut Faisal, pada 1978, terjadi reorganisasi besar-besaran, dan perusahaan berganti nama menjadi Petra Oil Marketing Limited, yang berbasis di Hong Hong. Di Hong Kong ini, Faisal melanjutkan, kroni-kroni Soeharto masuk ke Petra.

Bakrie Dapat Proyek Rp1,4 Triliun di Blok Madura

"Mereka (kroni) tidak disebut mafia, karena namanya ada di akte perusahaan. Bedanya itu saja, karena di zaman Pak Soeharto, tidak disebut mafia, karena nama-namanya ada. Nama pemegang sahamnya ada, terang benderang. Sekarang tidak ada mereka (kroni-kroni tersebut)," tutur Faisal.

Dia menjelaskan, pada September 1998, Pertamina mengambil alih seluruh saham Petra Group. Kemudian, pada Maret 2001, atas persetujuan pemegang saham, perusahaan berubah nama menjadi Pertamina Energy Trading Limited (Petral), yang berperan sebagai trading and marketing arm Pertamina di pasar internasional.

Kilang Minyak Mini Akan Dibangun di Tengah Laut East Natuna

"Nah, pada 1998, Presiden Soeharto lengser, Petra Group dibeli seluruh sahamnya oleh Pertamina. Kemudian, didirikanlah Petral, yang kemudian membentuk anak usaha bernama Pertamina Energy Services Pte Limited (PES)," ungkapnya.

Sejak pertama dibentuk, PES diberi tugas untuk melakukan perdagangan minyak mentah, produk minyak, dan petrokimia.

"PES ini dijadikan bahan bancakan, makanya ya sudah, diamputasi saja PES itu. Kira-kira begitu ceritanya, mengapa Petral dibubarkan," ujar Faisal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya