Raung Erupsi, Jalur Alternatif Suplai Logistik Disiapkan

Gunung Raung meletus
Sumber :
  • Antara/ Budi Candra Setya

VIVA.co.id - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil menyatakan, pemerintah telah menyiapkan jalur alternatif untuk suplai logistik ke daerah-daerah yang terkena imbas dari abu vulkanik Gunung Raung, Jawa Timur.

Rupiah Melemah, Tertekan Gejolak Ekonomi Global

Seperti diketahui, erupsi Gunung Raung telah mengakibatkan jalur transportasi udara terganggu. Lima bandara domestik telah ditutup karena aktivitas gunung yang berada di Bondowoso tersebut. Salah satunya adalah Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali.

"Suplai logistik nanti ada alternatif lewat jalur darat dan laut," kata Sofyan kepada VIVA.co.id, Jum'at, 10 Juli 2015.

IHSG Diproyeksi Naik, Ini Pendorongnya

Meski demikian, Sofyan menuturkan, penggunaan jalur alternantif tersebut akan menimbulkan masalah di sektor perizinan. Pasalnya, suplai logistik melalui transportasi udara berbeda izin dengan transportasi darat dan laut. Selain itu, aktivitas abu vulkanik tersebut akan mempengaruhi sektor pariwisata terutama di Bali yang merupakan salah satu tempat tujuan berlibur dari turis mancanegara.

"Kita sangat sayangkan. Ini akan merepotkan turis. Daripada pergi ke sana nggak aman, nanti pemerintah disalahin lagi," ujarnya.

Lebih Oke Mana, Ekonomi RI atau Brasil?

Untuk itu, langkah Kementerian Perhubungan dengan menerbitkan Notice to Airman (NOTAM) dinilai Sofyan sudah tepat karena mempertimbangkan aspek keselamatan bagi para pengguna transportasi udara.

"Kita tidak inginkan ini. Siapapun tidak. Tapi ini adalah bencana alam tentu tidak bisa kompromi yang utama adalah keselamatan jiwa jauh lebih berharga."

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya