Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin Tambah 24 Extra Flight

Penumpang keluar dari kabin Lion Air/Ilustrasi.
Sumber :
  • Gusmau Maung

VIVA.co.id - Bandar Udara Syamsudin Noor Banjarmasin, Kalimantan Selatan, menambah 24 kali jadwal penerbangan ekstra (extra flight) dari jadwal penerbangan normal satu minggu menjelang Idul Fitri 1436 Hijriah.

Dikutip dari laman BUMN.go.id, Senin 13 Juli 2015, General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Syamsudin Noor, Handy Heryudhitiawan, mengatakan  penerbangan ekstra diberikan sesuai permintaan maskapai.

"Maskapai menyampaikan adanya penerbangan ekstra dan kami sudah menyetujui, karena kapasitas bandara masih mampu melayani penerbangan tambahan," kata dia.

Menurut Handy, permintaan penerbangan ekstra satu minggu menjelang Idul Fitri itu disampaikan maskapai Lion Air dan maskapai lain kecuali Garuda Indonesia. Penerbangan tambahan biasanya diminta maskapai, karena banyaknya permintaan penerbangan ke kota tujuan, seperti Jakarta dan Surabaya di samping kota lain.

"Penambahan penerbangan adalah hak maskapai, karena ingin melayani penumpang dan kami menyetujui sepanjang kapasitas jadwal terbang di bandara masih tersedia," tuturnya.

Ia mengatakan, tambahan 24 kali penerbangan ekstra itu menambah jadwal penerbangan normal setiap hari yang mencapai 47 kali penerbangan, sehingga menjadi 71 kali.

"Penerbangan normal sebanyak 47 kali meliputi tujuan domestik di kota lain di Indonesia, termasuk tujuan lokal di Kalsel dan penerbangan regional di Kalimantan."

Modernisasi Alat Navigasi Udara, AirNav Gandeng LKPP

Meski ada tambahan penerbangan, tetapi keberangkatan seluruh pesawat normal sesuai jadwal yang direncanakan, sehingga tidak ada hambatan jadwal penerbangan.

"Seluruh jadwal penerbangan lancar tidak ada hambatan, termasuk adanya penundaan keberangkatan, sehingga situasi dan kondisi bandara normal meski dipenuhi pemudik," ujarnya.

Sementara itu, sudah sejak akhir pekan lalu, Jumat 10 Juli 2015, atau H-7 Idul Fitri, bandara telah menyiapkan Posko Pelayanan Terpadu dan Monitoring Angkutan Lebaran 2015 di area bandara.

"Posko ditempati tim terpadu dari dinas dan instansi terkait yang siap melayani calon penumpang, termasuk memberikan informasi kepada pihak yang memerlukan," kata Handy. (asp)

Pesawat Garuda Indonesia

Garuda Indonesia Dinobatkan Jadi Maskapai Paling Disukai

Garuda Indonesia mendapat nilai 85 persen.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016