Atasi Kekeringan, Pemerintah Siapkan Rp100 Miliar

Ilustrasi kekeringan
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id - Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, mengatakan, pemerintah mengalokasikan dana hingga Rp100 miliar untuk membuat ribuan embung di seluruh Indonesia, guna menekan dampak kekeringan.

Indonesia Terancam Krisis Petani

Tahun ini, menurutnya, risiko kekeringan yang berdampak ke lahan pertanian produktif diperkirakan mencapai sekitar 50 ribu hektare.

"Ini dampak dari badai El Nino yang menyebabkan kekeringan lebih panjang. Tapi, dampak itu sudah jauh berkurang dibanding tahun lalu dengan periode sama yang saat itu mencapai sekitar 159 ribu hektare," ujarnya dilansir dari situs resmi Sekretariat Kabinet (setkab.go.id), Kamis 30 Juli 2015. 
Indonesia Peringkat Pertama Statistik Pertanian ASEAN

Dia mengklaim penurunan itu tidak lepas dari hasil tim khusus untuk menanggulangi dampak kekeringan yang mulai dibentuk pada Maret-April lalu. Beberapa langkah yang sudah dilakukan antara lain penyaluran 40 ribu pompa air tanah dan pembuatan sumur-sumur dangkal di sekitar areal pertanian. 
Jokowi Buat Proyek Keroyokan di Brebes

Kemudian pembangunan saluran irigasi, hingga pembuatan embung-embung untuk menampung air ke areal pertanian sekitarnya. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya