Sehari Menjabat, Rizal Tegur Menteri ESDM

Luhut Pandjaitan Darmin Nasution Rizal Ramli
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside

VIVA.co.id - Baru satu hari menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Maritim, Rizal Ramli sudah menegur anak buahnya. Teguran mantan Menko di era Presiden Gus Dur ditujukan kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said.

Kejadian tersebut berlangsung, saat acara serah terima jabatan Menko Kemaritiman dari Indroyono Soesilo ke Rizal Ramli, Kamis 13 Agustus 2015.

Rizal menyampaikan satu persatu mengenai pentingnya peran masing-masing kementerian yang berada di bawahnya, antara lain Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Perhubungan, dan Kementerian ESDM.

Saat berbicara tentang ESDM itulah, Rizal bertanya keberadaan Menteri ESDM Sudirman Said. "Oh ada yang tidak hadir, sudah izin ya? Lain kali, saya bilang jangan dibiasakan banyak izin," kata Rizal.

Selanjutnya, Rizal meminta setiap menteri yang berada d ibawah koordinasinya, harus bisa mengeluarkan statament (pernyataan) satu suara. Ini untuk meminimalisasi adanya kesalahan informasi di mata masyarakat.

Datangi KPK, Menteri ESDM Baru Ingin Kenalan

Menurutnya, melalui Kemenko Maritim membuat pertumbuhan sektor rill di Tanah Air lebih baik.

"Sektor rill bisa ciptakan lapangan pekerjaan yang banyak. Selama kita tidak ada konflik kepentingan, sikat saja. Ini waktunya untuk mengubah Indonesia. Jangan takut kehilangan jabatan," ujarnya. (asp)

Mantan Menteri ESDM, Arcandra Tahar (kiri) dan Sudirman Said (kanan).

Menteri ESDM Belum Serahkan LHKPN ke KPK

Ia berjanji maksimal dua bulan akan menyerahkan.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016