Jokowi: Subsidi BBM Akan Dialihkan ke Sektor Produktif

Jokowi di acara Ekonomi Kreatif
Sumber :
  • Viva.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id - Presiden RI Joko Widodo, mengatakan, pemerintah akan mengalihkan subsidi bahan bakar minyak (BBM) ke sektor-sektor produktif dan jaring pengaman sosial.

"Pemerintah secara bertahap menjalankan program pembangunan nasional seperti digariskan dalam Nawa Cita. Pemerintah melakukan transformasi fundamental ekonomi dan mengubah paradigma pembangunan dari yang bersifat konsumtif ke produktif," kata Jokowi saat menyampaikan Pidato Kenegaraan pada Sidang Tahunan MPR, di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Jumat 14 Agustus 2015.

Untuk mengungkit pertumbuhan ekonomi, selain mendorong berkembangnya ekonomi kreatif, pemerintah fokus melakukan pembangunan infrastruktur seperti jalan tol, kereta api, pelabuhan, waduk, dan pembangkit listrik. Pemerintah juga mengalihkan subsidi BBM ke sektor-sektor produktif dan jaring pengaman sosial.

"Kini, pemerintah sedang membagikan Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar, Kartu Keluarga Sejahtera, dan Asistensi Sosial untuk Penyandang Disabilitas Berat," katanya.

Selain itu, menurut Jokowi, pemerintah mengakui masih banyak persoalan yang mengadang.

Jokowi: Tax Amnesty Jadi Jawaban Merebut Dana Investasi

"Sampai hari ini, ketidakstabilan harga pangan masih terjadi, kesenjangan kaya dan miskin serta antarwilayah masih terbuka, praktik korupsi masih berlangsung, dan penegakan hukum belum sepenuhnya kokoh. Pemerintah akan bekerja keras untuk memerangi persoalan-persoalan tersebut," kata Jokowi. (art)

 Petugas menunjukkan produk mi Bikini (bihun kekinian) yang disita oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Jakarta, Senin, 8 Agustus 2016.

Mi Bikini yang Meresahkan Negara

Seorang mahasiswi sedang praktikkan ilmunya.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016