Ali Wardhana Wafat di Usia 87 Tahun

Ali Wardhana
Sumber :
  • http://2.bp.blogspot.com
VIVA.co.id
JK & Habibie Iringi Jenazah Ali Wardhana ke TPU Tanah Kusir
- Mantan Menteri Keuangan Indonesia ke-15, Ali Wardhana tutup usia dalam usia ke-87 tahun hari ini, Senin 14 September 2015.

Habibie Melayat ke Rumah Duka Ali Wardhana
Askolani, Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan membenarkan kabar tersebut. "Iya betul, sudah ada informasinya," kata Askolani, saat dihubungi VIVA.co.id, Senin 14 September 2015. 

Sofjan Wanandi: Ali Wardhana Arsitek Ekonomi Era Soeharto
Berdasarkan keterangan dari Humas Kementerian Keuangan, Ali Wardhana meninggal pada 15.30 WIB. Namun, belum diketahui penyebab meninggalnya Ali Wardhana. 

Sementara itu, berita meninggalnya Ali Wardhana juga didapat dalam pesan berantai di media sosial.

"Inna Lillahi Wa Inna Illaihi Rojiun, telah Wafat Prof. Dr. Ali Wardhana pada jam 15.30. Pemakaman akan dilakukan besok hr Selasa, 15 Sep 2015. Rumah Duka Jl Patra Kuningan XV No:6," demikian mengutip pesan berantai itu.

Ali Wardhana  lahir di Solo, Jawa Tengah, 6 Mei 1928. Dia adalah salah satu anggota penasehat perekonomian orde baru dan pernah menjabat sebagai menteri koordinator ekonomi, industri dan pengawasan pembangunan selama lima tahun pada 1983-1988. 

Dia juga pernah menjadi menteri keuangan para 1968-1983. Ali menyelesaikan pendidikan dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (1958) dan meraih gelar profesor doktor di bidang ekonomi dari Universitas California, Amerika Serikat pada 1962. 

Dia pernah menjabat sebagai dekan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia selama 10 tahun antara 1967 sampai 1978. 

Kepakarannya dalam bidang ekonomi mendapat pengakuan dunia internasional. Pada September 1971, Ali, terpilih sebagai Ketua Board of Governors Bank Dunia, dan Dana Moneter Internasional untuk periode 1971-1972. 

Pada era Presiden Soeharto Ali mengatur dasar makro ekonomi untuk Rencana Pembanguan Lima Tahun pertama. 

Dia merupakan menteri keuangan Indonesia pertama yang memperkenalkan anggaran yang seimbang, menggunakan bantuan pembangunan atau pinjaman lunak dari negara-negara maju dan bank-bank pembangunan multilateral untuk mengelola defisit fiskal. 

Beberapa Karya ilmiah Ali, baik nasional maupun internasional, yang telah dipublikasikan antara lain, "Foreign Exchange and its Implications in Indonesia", Ekonomi dan Keuangan Indonesia (Oktober 1957); "Beberapa segi Transmigrasi Spontan di Indonesia", Ekonomi dan Keuangan Indonesia (Februari 1957); "Inflasi dan Ketegangan-Ketegangan Strukturil", Lembaga Ekonomi dan Kemasyarakatan (1965).  (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya