Mendag: Harga Sembako Naik 10% Masih Wajar

VIVAnews - Menjelang puasa dan hari raya Lebaran, jamak terjadi harga kebutuhan bahan pokok meroket. 

Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu mengatakan, kenaikan harga di musim Lebaran tidak menjadi masalah. Asalkan, stok barang cukup. 

"Kenaikan sebanyak 5 - 10 persen masih wajar, mengingat tren dari tahun ke tahun seperti itu," kata saat melakukan inspeksi mendadak di Pasar Benhil Jakarta, Selasa pagi, 7 Juli 2009.

Kenaikan harga, menurutnya, akan terjadi pada daging-dagingan, baik ayam maupun sapi. Usai Lebaran, Mari memprediksi, harga bahan makanan akan kembali normal.

Hasil kunjungan mendadak Mari Elka ke beberapa pasar semalam, Mari mengaku harga gula dan minyak goreng curah telah turun dalam pekan ini. Minyak goreng curah yang pekan lalu harganya Rp 10 ribu per kilogram, sekarang sudah turun menjadi Rp 9 ribu per kilogram.

Sedangkan harga gula mengalami penurunan Rp 500 per kilogram dari Rp 8.500 menjadi Rp 8 ribu per kilogram. "Bahkan di Surabaya, harganya sudah turun jadi Rp 7.500," katanya.

Penurunan harga gula, menurut dia, sudah sesuai perkiraan pemerintah di mana bulan ini merupakan puncak musim giling. Untuk sayur, cabai, dan bawang merah harganya cenderung naik karena sedang musim kemarau.

Kesiapan pemerintah menghadapi puasa dan hari raya lebaran juga disampaikan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Mikro dan Menengah Provinsi DKI Jakarta Ade Soemarmo.

"Sudah ada rapat koordinasi dan bisa dipastikan pasokan sangat cukup di Jakarta," katanya.

Kenaikan harga yang tinggi, menurut dia, bisa ditekan jika masyarakat bisa menahan pembelian dan tidak melakukan penimbunan sembako. "Pasokan sebenarnya banyak, tapi masyarakat cenderung membuat stok, jadinya harga naik," ujarnya.

Hal serupa diimbaunya pada pedagang untuk tidak melakukan penimbunan sembako menjelang puasa, terutama beras. "Jangan coba-coba timbun barang. Sekarang semuanya pasokan cukup di mana-mana," kata dia.

Ade mengatakan pasokan kebutuhan pokok seperti beras mencapai 120 ribu ton, daging sapi sebanyak 30 ribu ton, telur sebanyak 50 ribu ton, sayur mayur mencapai 175 hingga 200 ribu ton, dan minyak goreng sebanyak 100 ribu ton.

"Semuanya itu cukup untuk menjelang puasa hingga selesai bulan puasa," kata dia. hadi.suprapto@vivanews.com

PDIP Sumbar Menang Atas Gugatan dari Kader Sendiri
Dua tersangka dalam dugaan kasus tewasnya remaja 16 tahun di hotel Jaksel

Remaja di Jaksel Sempat Open BO Sebelum Tewas Dicekoki Narkoba di Hotel

Polisi menjelaskan bahwa remaja inisial FA (16), sempat melakukan open BO sebelum akhirnya tewas karena dicekoki oleh pria berinisial A dan BH. FA melakukan open BO bersa

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024