Tiap Tahun, USD18,7 Miliar Devisa Ekspor Indonesia Menguap

Aktifitas Bongkar Muat Peti Kemas di Pelabuhan Tanjung Priok
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Deputi Menko Perekonomian Bidang Perniagaan dan Industri, Edy Putra Irawady, mengungkapkan, tiap tahunnya Indonesia kehilangan 18,7 miliar Dolar Amerika Serikat dari sektor ekspor produk dan barang ke luar negeri.

Kementerian ESDM Perpanjang Izin Ekspor Freeport?
"18,7 miliar dollar US yang tidak tercatat selama ini. Saya anggap illegal trading, mulai dari timah, migas dan lainnya," kata Edy di Jakarta, Senin 7 Maret 2016.
 
Ini Misi Ekspor Pertama Enggar Jabat Mendag
Menurut dia, uang negara senilai itu tiap tahunnya tidak tercatat dengan benar oleh Kementerian terkait. Ditanya apakah Kementerian Perdagangan (Kemendag), Edy enggan menjawab.
 
Volume Ekspor China Meningkat, Bawa Angin Segar bagi RI?
"Statistiknya tidak jelas, tapi datanya valid, data United Nation. Artinya Indonesia punya devisa ekspor, surplus itu," tegas Edy.
 
Fakta itu dia dapat hasil kompilasi sejumlah data ekspor Indonesia ke sejumlah negara lainnya. Hanya saja selama ini, data tersebut tidak terinput dalam laporan yang semestinya. Alhasil, negara juga kehilangan pemasukan dari sektor ekspor yang luar biasa besar nilainya. 
 
"Nilai itu rata-rata pertahun. Saya tahu baru beberapa waktu lalu. Saya iseng komparasi data, data BPS, data luar negeri saya kompilasi semuanya," terang Edy. (one)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya