Indonesia-Arab Tingkatkan Kerja Sama Ekonomi

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • www.antaranews.com

VIVA.co.id – Pangeran Arab Saudi, Alwaleed Bin Talal Bin Abdulaziz Al Saud, menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Bogor, Minggu 22 Mei 2016. Dalam pertemuan tersebut, mereka membahas berbagai macam hal, mulai investasi hingga infrastruktur.

Menko Airlangga Bertemu Menlu Singapura, Optimis Kerja Sama Bilateral Kedua Negara Terjalin Kuat

Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, mengatakan, dalam pertemuan dengan Presiden Jokowi, Pangeran Alwaleed ingin meningkatkan investasinya di Indonesia. Kedatangannya sore ini juga merupakan kunjungan balasan Presiden Jokowi tahun lalu ke Arab Saudi.

"Sejak kunjungan Presiden Jokowi tahun lalu, banyak sekali kerja sama di bidang ekonomi. Sejauh ini, Pangeran Alwaleed banyak berinvestasi di bidang perhotelan dan perbankan, tapi tadi juga didiskusikan mengenai prioritas di bidang infrastruktur," kata dia di Istana Kepresidenan, Bogor, Minggu, 22 Mei 2016.
 
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said, menambahkan, kunjungan Pangeran Arab merupakan bagian dari proses penguatan kerja sama bilateral di bidang ekonomi antara Pemerintah Indonesia dengan Arab Saudi.

Terima Kunjungan LBBP Jepang, Menaker Berharap Kerja Sama Ketenagakerjaan Indonesia-Jepang Meningkat

Dia mengaku, telah melakukan koordinasi secara rutin dengan Pemerintah Arab Saudi sejak tahun 2015. Bahkan, baru-baru ini pemerintah kedua negara baru saja menindaklanjuti kerja sama bidang energi.
 
"Yang sudah materialize dalam waktu dekat Kilang Cilacap akan dimulai proses engineering-nya dan besok pagi di Pertamina akan ditandatangani satu perjanjian untuk dilakukan basic engineering. Artinya, dimulai proses pengembangan Kilang Cilacap," ungkapnya.

Kemudian Aramco juga sudah mendapatkan komitmen untuk mengerjakan dua kilang lainnya, yaitu Balongan dan Dumai. Menurut Sudirman, Pemerintah Arab tertarik pada pengembangan existing kilang, karena secara ekonomi dan teknis lebih menguntungkan.

Kerja Sama Bilateral yang Baik Tingkatkan Pelindungan bagi Pekerja Migran

Dalam pertemuan itu, dia menambahkan, Pemerintah Indonesia juga diberi kesempatan membangan rumah sakit di Arab Saudi. Saat ini, dia mengatakan, Indonesia sudah mendapat alokasi tanah. Bahkan Menteri Kesehatan Arab Saudi terbuka melakukan kerja sama di bidang pasokan obat-obatan.

Di samping itu, mereka juga tertarik kerja sama di bidang perumahan dan investasi di tiga lokasi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang bertema tourism di Lombok, Banten, dan Sumatera Barat.

"Yang lain-lain kerja sama di bidang investasi portofolio. Pihak Kerajaan Arab Saudi juga mencari kesempatan masuk dalam investasi keuangan melalui kerja sama dengan PT SMI (Sarana Multi Infrastruktur)," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya