KAI Siap Pasok Kereta Api ke Myanmar

PT Kereta Api Indonesia jajaki kerja sama dengan Myanmar
Sumber :
  • Daru Waskita / VIVA.co.id

VIVA.co.id – PT Kereta Api Indonesia (KAI) menjajaki kerja sama dengan Myanmar untuk pembangunan moda transportasi darat terutama kereta api. Direktur Jenderal Perkeretaapian dari Kementerian Perhubungan, Prasetyo Boeditjahjono, mengatakan Indonesia memiliki rangkaian kereta api yang usianya di atas 20 tahun dan bisa digunakan untuk moda transportasi kereta api di Myanmar.

KAI Daop 6 Operasionalkan 2 KA Tambahan dari Solo Balapan Saat Lebaran

"Tentunya rangkaian kereta api tersebut harus direkondisi sehingga laik jalan ketika rangkaian kereta api itu akan dikirim ke Myanmar," kata Prasetyo di sela-sela acara “ASEAN Ralway's Conference (ARCEO) ke-38” di Yogyakarta, Selasa 18 Oktober 2016.

Ia mengatakan, jika kerja sama sama ini bisa dilaksanakan tentunya PT KAI akan menjadi operator kereta api di Myanmar bersama dengan Myamar Railway's.

Tiket Kereta Api Jarak Jauh Dijual Mulai Rp 25 Ribu dari 3 Stasiun Ini, Catat Rutenya

"Kita memiliki sekitar 600 gerbong kereta api yang bisa direkondisi dan dioperasikan di Myanmar," tuturnya..

Asean Ralway's Conference (ARCEO) ke 38 yang dihadiri oleh tujuh operator kereta api diantaranya Kereta Api Tanah Melayu (MTMB) Malaysia, State Railway of Thailand, Vietnam Railway, Royal Railways of Cambodia, Loa Railway Authority Laos, Myanmar Railways dan PT KAI.

Kereta Api Luar Biasa Terapkan Ganjil Genap, Cek Perubahan Jadwalnya!

Dalam pertemuan itu juga akan membahas rencana jangka panjang koneksitas antara Vietnam, Thailand, Malaysia dan Indonesia dengan menggunakan moda kereta api. 

"Adanya konektivitas ini juga akan mendorong terciptanya persaingan pasar pada 600 juta penduduk negara-negara anggota ASEAN," tuturnya.


(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya