Menteri Jonan: Pembangkit Nuklir Tak Cocok di Indonesia

Pembangkit Listri Tenaga Nukilir di suatu negara. Indonesia dipandang tidak perlu ada PLTN.
Sumber :

VIVA.co.id – Dengan bentuk negara kepulauan yang memiliki potensi dan kapabilitas energi yang berbeda-beda di setiap daerah, Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir atau PLTN dinilai tidak cocok untuk dibangun dan diterapkan di seluruh wilayah Indonesia. Demikian menurut Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan.

Ignasius Jonan soal Kursi Kosong hingga Sederet Prestasi

Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) PLTN memang dijadikan alternatif terakhir penyedia sumber energi baru terbarukan di Indonesia. Namun, menurut Jonan, tidak semua daerah bisa diberdayakan untuk pembangunannya.

"Negara kepulauan seperti ini harus dilihat setiap daerah cocoknya itu (menggunakan) jenis energi apa, dan pembangunannya seperti apa?" kata Jonan dalam acara diskusi di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu 21 Desember 2016.

Contek China, Jonan: Sumber Daya Mineral RI Wajib Dibuat Produk Jadi

Berkaitan dengan konsep tersebut, Jonan mencontohkannya dengan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG). Tidak mungkin semua daerah bisa menerapkannya. 

Salah satu daerah yang pengembangan energinya tidak mungkin dilakukan dengan metode PLTG adalah Papua Barat.

Jonan: Energi RI Belum Merata, 1.000 Kecamatan Tak Punya SPBU 

Dia mengungkapkan, untuk Papua Barat dengan kondisi geografis berupa pegunungan, maka bahan baku LNG sebagai bahan untuk pengolahan PLTG tidak mungkin diangkut menggunakan pesawat terbang.

"Pembangunan ini harus disesuaikan daerah dan risikonya. Kalau PLTG di atas gunung, tidak mungkin angkut LNG pakai pesawat, itu kan risikonya tinggi. Bahkan dalam aturan penerbangan internasional di manapun hal itu sama sekali tidak dibolehkan," kata Jonan.

Sedangkan, untuk wilayah seperti di Sulawesi Utara, dengan pembangunan PLTG baru hal itu mungkin bisa dilakukan sesuai dengan kondisi daerahnya. "Jadi setiap daerah itu memang berbeda-beda potensi pembangunan pembangkitnya, tidak bisa disamakan," ujar mantan menteri perhubungan itu.
 

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya