Perempuan Mulai 'Jajah' Karir di Bidang Teknologi Informasi

ilustrasi pekerja
Sumber :
  • Halomoney

VIVA.co.id – Situs Jobplanet mengungkapkan survei terbaru tentang jumlah pekerja di bidang Teknologi Informasi (TI). Dari 7.700 orang responden yang disurvei ditemukan sebanyak 64 persen pekerja di bidang TI adalah wanita dan 36 persen sisanya adalah pekerja pria. 

Prabowo: Saya Atas Nama Prabowo-Gibran Minta Maaf kepada Pak Anies dan Pak Ganjar

Chief Product Office Jobplanet di Indonesia, Kemas Antonius, mengungkapkan jika menilik lebih jauh dari survei tersebut responden karyawan wanita di bidang TI banyak di bidang Graphic Design, Digital Content, Project Management, Data Analysis, dan IT Quality Assurance.

Sebagai gambaran, perbandingan jumlah karyawan wanita dan pria yang bekerja di bidang Graphic Design dalam survei Jobplanet adalah sebesar 65:35, Digital Content sebesar 63:37, Project Management sebesar 62:38, Data Analyst sebesar 59:41, dan perbandingan karyawan wanita dan pria di bidang IT Quality Assurance sebesar 55:45.
 
“Dulu, bidang TI sering dipandang sebagai bidang yang didominasi oleh pria. Namun, survei Jobplanet ini menunjukkan bahwa saat ini sudah banyak pula wanita di Indonesia yang berkiprah di bidang TI. Hal ini juga menunjukkan bahwa banyak perusahaan sudah memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada karyawan wanita di posisi penting bidang TI,” Jelas  Kemas dalam keterangannya, Kamis 16 Maret 2017.

Prabowo Koreksi Pertanyaan Ganjar soal Internet Gratis vs Makan Gratis

Rata-rata Gaji

Sementara, terkait gaji, survei Jobplanet menyebutkan rata-rata seluruh karyawan TI yang menjadi responden, sebanyak 79 persennya bekerja pada level staf dan 21 persen bekerja pada level manajer. Gaji di bidang IT tertinggi ada pada bidang Enterprise Resource Planning (ERP), yaitu sebesar Rp6,75 juta untuk staf dan Rp11,9 juta untuk manajer.

Solusi Prabowo untuk Ekosistem IT: Langsung Bangun Pabrik dan Beasiswa di Bidang STEM

Survei yang dilakukan sejak Januari 2016 hingga Februari 2017 tersebut juga mencatat rentang gaji di bidang IT seperti rentang gaji Staf Application Developer dimulai dari Rp1,2 juta-Rp27 juta, rentang gaji Staf Project Management adalah Rp1,3 juta-Rp30 juta, dan rentang gaji Staf System Engineer dimulai dari Rp1 juta-Rp26,5 juta.
 
Sementara pada level manajer, rentang gaji yang ada lebih besar lagi. Gaji Manajer UI/UX, misalnya, dimulai dari Rp3 juta-Rp30 juta. Rentang gaji Manajer Information System adalah Rp2,5 juta-Rp50 juta, dan rentang gaji Manajer IT Quality Assurance dimulai dari Rp3,5 juta-Rp50 juta.
 
“Tentunya setiap perusahaan miliki standar pengupahan karyawan yang berbeda, tergantung pada kemampuan perusahaan, lokasi dan jenis perusahaan, serta kualifikasi dan kompetensi karyawan. Jobplanet berharap hasil riset ini dapat menjadi acuan bagi para pencari kerja di bidang TI dalam mengukur potensi mereka menggapai karier terbaik,” ujar Kemas. (ren)
 

Menkominfo, Budi Arie Setiadi usai mendampingi Presiden Jokowi bertemu CEO Apple

Setelah Apple, Menkominfo Janji Boyong Bos Microsoft dan Nvidia ke Indonesia

Setelah CEO Apple Tim Cook, Menkominfo Budi Arie Setiadi berjanji membawa petinggi perusahaan teknologi lainnya untuk berkunjung ke Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024