Sejauh Mana Kesiapan Sarana Mudik Lebaran 2017?

Pembangunan Tol Pemalang Dipercepat untuk Mudik 2017
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

VIVA.co.id – Kementerian Perhubungan memastikan kesiapan sarana dan prasarana transportasi umum untuk arus mudik 2017. Salah satunya yaitu pemeriksaan kelaikan kendaraan atau ramp check yang sudah mencapai 80 persen. 

Lonjakan Kasus COVID-19 Usai Lebaran, Menkes Siapkan Kondisi Terburuk

"Kami sudah mempersiapkan angkutan moda transportasi darat, laut, udara, dan kereta api, itu dilakukan ramp check, sudah 80 persen. Dengan H-10 itu terus kami lakukan," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Pudji Hartanto dalam diskusi di Galeri Nasional, Jakarta, Jumat, 2 Juni 2017.

Menurutnya, pemeriksaan itu melingkupi angkutan lebaran di 48 terminal bus utama, 35 bandara, 52 pelabuhan, tujuh lintasan penyeberangan, sembilan daerah operasi perkeretaapian di Jawa, dan tiga divisi regional perkeretaapian di Sumatera. Selain ramp check, kata Pudji, pihaknya juga memberikan pengawasan ketat pada sumber daya manusia sebagai operator pemudik.

Jelang Lebaran, Ini Pesan Gubernur Jabar untuk Pemudik

"Kami juga melakukan yang namanya kepada pengemudi juga. Sebelum berangkat pengemudi operator dilakukan yang namanya pembinaan terhadap mereka supaya tidak terjadi kecelakaan saat melakukan tugas," kata dia.

Kemudian, Kemenhub juga menyiapkan program mudik gratis untuk meminimalisir pengguna motor saat arus mudik. Yaitu dengan menyiapkan 8.510 kouta untuk sepeda motor dan 64.900 untuk pemudik yang diantar ke luar wilayah DKI Jakarta.

6 Rekomendasi PDPI, Jangan Mudik untuk Tekan Penularan COVID-19

"Pada tahun ini kami juga mengadakan mudik gratis menggunakan kapal dari Jakarta, Surabaya, Medan, dan Semarang," ujarnya 

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito

Satgas COVID-19: Efek Mudik Lebaran Baru Terlihat 2-3 Minggu Lagi

Efek perkembangan kasus COVID-19 dari libur panjang Idul Fitri dan mudik lebaran baru tampak dua atau tiga minggu kedepan

img_title
VIVA.co.id
18 Mei 2021